Minggu, 04 Maret 2012

Menulis Biografi

Biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yg ditulis oleh orang lain. Biografi kadang juga dapat ditulis diri sendiri, dan disebut dengan autobiografi. Lalu bagaimanakah cara menulis biografi. ??? Melalui artikel ini saya akan membahas bagian-bagian biografi yang mungkin akan membantu anda dalam menulis biografi.

Dalam pembuatannya, biografi di bagi menjadi beberapa bagian, mari kita ulas satu persatu.

1. Perkenalan Tokoh
 bagian ini biasanya berisi nama lengkap, nama kedua orang tua,tempat tanggal lahir, anak ke berapa dalam keluarga, cerita singkat mengenai saudara ( jika jumlahnya banyak dapat di ceritakan salah satu saja), kepribadian tokoh.
nb: lihat sesuai warna

contoh:

Alfonsus Ega Putria Warsanto, merupakan putra dari pasangan bapak Yustinus Tri Warsanto dan ibu Yohana Pujiati. Ia lahir di Semarang pada tanggal 4 Juni 1998.Dia merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Klara Elfa Putri Warsanto atau yang akrab di panggil Klara, merupakan kakaknya,Klara kini  sedang menempuh study di SMA Kolose Loyola.
 Di kalangan teman-temannya ia dikenal sebagai pribadi yang ramah dan pandai bergaul


2. Perkenalan Lebih Mendalam
bagian ini biasanya berisi ; sejarah pendidikan,prestasi baik akademik maupun non akademik. Pada bagian ini juga dapat dicantumkan sapaan akrab tokoh.


contoh :

Ega, sapaan akrabnya, telah menamatkan pendidikan di TK-SD PL Bernardus dan kini ia duduk di bangku kelas delapan SMP PL Domenico Savio. Di saat menempuh pendidikan di SD PL Bernardus beberapa prestasi telah ia peroleh, antara lain Juara II Lomba Sains tingkat Kota Semarang yang diadakan di UNNES. Selain itu ia juga pernah memperoleh Juara II Lomba Siswa Teladan tingkat Kecamatan Semarang Selatan.



3. Pengulasan Kehidupan Tokoh
bagian ini mengulas kehidupan tokoh secara singkat. bisa berisi tentang kegiatan tokoh sehari-hari / sisi lain dari sang tokoh, profesi, hobi, motto hidup,dll.

contoh :


Sekolah dan Gereja, merupakan lingkungan kedua setelah rumah baginya. Di Gereja ia aktif dalam bidang pelayanan dengan tergabung dalam Misdinar di Gereja Santa Teresia, Bongsari.  Hobi dari Ega adalah membaca, menulis , dan “berselancar” di dunia maya.
Pemuda yang (mengaku) mencintai Indonesia ini, sekarang sedang aktif dalam dunia blogging. Dalam dunia blog,  ia juga telah menorehkan suatu prestasi yaitu, Juara II Lomba Blog yang diadakan oleh Komunitas Blogger Semarang, Dotsemarang.
Dalam blognya yang beralamat di gagasankecil.blogspot.com , ia memiliki visi , memasyarakatkan pemikiran daur ulang dan mendaur ulangkan pemikiran masyarakat.

Di dalam zaman globalisasi ini, kemampuan untuk ber-public speaking cukup diperlukan setiap orang. Menyadari akan hal itu, kini Ega juga mulai memasuki dan mempelajari dunia public speaking. Pemuda yang memiliki motto "Biarlah dunia menganggap IMPIAN-ku merupakan suatu HAL YANG KECIL. Tapi akan aku buktikan bahwa DUNIA akan LEBIH KECIL dari KEBERHASILAN-ku", belajar public speaking dari sang Ibu serta mencari ilmu melalui artikel tentang public speaking di Internet. 


Untuk penulisan autobiografi, memiliki format dan bagian yang sama. dan perlu diingat untuk penulisan autobiografi tetap menggunakan sistem diaan seperti contoh-contoh yang ada di atas.

Demikian artikel ini, semoga dapat membantu.

7 komentar:

  1. Waw... :)
    keren... asyik dibaca
    thumb for this... :D

    BalasHapus
  2. sangat membantu.. :)
    Terima Kasih :)

    BalasHapus
  3. terima kasih :)

    BalasHapus
  4. artikel yang membantu, terima kasih :)

    BalasHapus
  5. terimakasih, artiklenya sangat membantu ^^

    BalasHapus