Jumat, 06 April 2012

Pabrik Gula Tasikmadu si "Tua-tua Keladi "

pintu masuk P.G. Tasikmadu
 Terletak di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Solo, berdiri sebuah pabrik tua nan megah, ya... Pabrik Gula (P.G) Tasikmadu. 

Pabrik Gula Tasikmadu didirikan oleh K.G.P.A.A. Mangkoenagoro IV, pabrik ini telah menjadi saksi bisu perkembangan industri gula di Indonesia, Khususnya di pulau Jawa.
Pabrik ini telah menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar pabrik. Selain itu, pabrik ini juga menyimpan banyak sejarah.



Salah satunya ialah, alat produksinya yang sudah ada dari Zaman Kolonial Belanda hingga sekarang, dan masih sanggup memproduksi gula.


salah satu alat produksi tua

P.G. ini memiliki sesuatu ciri khas yang menarik pengunjung untuk mengunjunginya, yaitu, kereta uap yang di gunakan untuk mengangkut tebu dari kebun hingga ke tempat produksi. Kereta ini sekarang beralih fungsi menjadi suatu alat transportasi yang dapat digunakan pengunjung untuk mengelilingi Pabrik Gula ini. 
 Sebuah monumen pun didirikan untuk mengenang fungsi dari kereta tua tersebut yang kini telah mulai beralih fungsi, monumen yang didirikan di depan pintu masuk P.G. Tasikmadu, bernama MONUMEN LOKO


 
Monumen Loko 

Kabarnya ada sebuah komunitas pecinta kereta tua, yang datang mengunjungi lokasi pabrik untuk membuat video dokumenter tentang kereta api tua yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pabrik ini.

Walau umurnya sudah tua, pabrik ini tetap menjaga kualitas dari produknya, dengan mengadakan perubahan teknik pemroduksiaan dari Karbonatasi Rangkap menjadi Sultifasi sejak tahun 2007. Pabrik ini juga telah mampu memenuhi 35% kebutuhan gula dalam negeri, dengan hasil produksi 3,9 juta kuintal pada tahun 2010.

Mengingat bahwa pemroduksian gula tidaklah terlaksana sepanjang tahun, maka pihak manjemen mendirikan sebuah argowisata yang masih berada di kompleks pabrik Tasikmadu, bernama Agrowisata Sondokoro.
 Agrowisata ini berisi permainan anak, dan memiliki sebuah wahana andalan yaitu kereta tua yang seperti telah saya sebutkan diatas yaitu kereta uap yang telah berubah fungsi menjadi suatu wahana wisata andalan.. Wahana lain yang dapat kita temukan disini seperti, FLYING FOX, Kolam renang, dll.

papan nama Agrowisata Sondokoro


Demikian sedikit ulasan mengenai P.G. Tasikmadu, semoga anda tertarik untuk berkunjung baik ke pabrik untuk mengenal lebih jauh tentang proses produksi gula ataupun ke Agrowisata Sondokoro yang cocok untuk tempat wisata keluarga, sekaligus tempat belajar untuk anak-anak tentang produksi gula.

1 komentar:

  1. keren... :D mayan nambah pengetahuan.. thx kakak kelas... thumb for this...

    BalasHapus