Rabu, 27 Juni 2012

Bahasa Indonesia : Terasing Di Rumah Sendiri

Bahasa Indonesia, sebuah bahasa nasional yang sangat penting bagi Indonesia. Sebagai bangsa yang heterogen, bahasa nasional menjadi salah satu alat pemersatu.
Namun, yang terjadi sekarang ialah, bahasa nasional kita bagaikan terasing di rumahnya sendiri

Terasing ????
Ya, Bahasa Indonesia telah terasing di rumahnya sendiri, di negara kita Indonesia.
Terasing, dalam KBBI kata tersebut diartikan sebagai terpencil dan terpisah dari yang lain, dalam konteks ini kita menggunakan pengertian yang pertama.
Bahasa Indonesia, yang notabene adalah bahasa nasional di Indonesia, mulai terpencil dikalangan generasi muda Indonesia.

Generasi muda yang umumnya adalah pelajar, kadang merasa kesulitan menerapkan Bahasa Indonesia secara teori. Bahasa Indonesia telah dipandang sebagai suatu hal yang sulit karena membutuhkan pemahaman tinggi.
Stigma yang ada pada Bahasa Indonesia, telah membuat bahasa nasional kita itu seolah-olah sesulit atau bahkan lebih sulit dari bahasa asing yang kita pelajari, seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Hal ini menimbulkan pengucilan tersendiri bagi bahasa nasional kita.

Semua Berawal Dari Kebiasaan.... 
Sebenarnya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah untuk dipahami serta diterapkan. Jika secara logika, sebagai orang Indonesia seharusnya kita dapat menguasai Bahasa Indonesia dalam teori maupun praktek dengan baik, karena setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan Bahasa Indonesia.
Lalu, apa yang dapat dijadikan salah satu "tersangka" dalam kasus ini ???
Jawabannya hanya satu, yaitu KEBIASAAN.

Banyak kebiasaan, yang dapat mempengaruhi pandangan seseorang terhadap suatu hal, dalam konteks ini Bahasa Indonesia. Pandangan sulit kepada bahasa nasional kita, sebenarnya diawali dengan sebuah kebiasaan sepele. Kebiasaan menulis s3P3rt1 In1 atau yang sering disebut dengan bahasa 4l4y.
Kebiasaan ini telah membuat orang lupa untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Baik dan Benar
Mari kita pahami maksud dari kata tersebut masing-masing.
Baik, yang dimaksud baik ialah, penggunaan bahasa sesuai dengan situasi pembicaraan. Semisal, ketika berbicara dengan lawan bicara yang lebih tua, pasti tata bahasa berbeda dengan saat berbicara dengan teman sebaya.saat bicara. Atau, ketika kita sedang berbicara dalam acara formal ataupun semi formal, pasti tata bahasanya berbeda dengan saat kita berbicara dalam kehidupan biasa.
Sedangkan yang dimaksud benar ialah , penerapan dengan menggunakan tanda baca serta sesuai dengan aturan-aturan yang ada di EYD.

Seringkali, kedua hal ini dilupakan oleh masyarakat Indonesia khususnya kalangan muda. Masih sering saya jumpai, orang yang berbicara dalam suatu acara, (baik formal maupun semi formal) yang sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia, namun ia berbicara menggunakan Bahasa Indonesia + bahasa daerahnya. Akibatnya, ada beberapa pesan yang tidak tersampaikan kepada para pendengar.
Mungkin anda berfikir, saya menolak penggunaan bahasa daerah, namun saya tegaskan saya tidak menolak penggunaan bahasa daerah dan mendukung pelestarian bahasa daerah.
Yang perlu dicermati ialah, 'waktu', waktu kapan harus menggunakan bahasa daerah, kapan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta kapan menggunakan Bahasa Indonesia + bahasa daerah. Dengan memperhatikan waktu penggunaannya, diharapkan saat kita bicara didepan umum, pesan yang kita sampaikan dapat dimengerti oleh para pendengar.

Selain itu, masih sering saya temukan penggunaan tanda baca yang kurang tepat, khususnya dalam SMS. Beberapa contohnya antara lain seperti ini;
" .siang "
atau
" bentar, lagi nunggu bis, "
dalam dua contoh itu, kita dapat melihat kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Saya pernah menyampaikan pendapat ini kepada teman saya, namun dia menjawab bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah ( wajar ) dikalangan anak muda dan dia mengakhiri dengan kata " ah.. kmu gag gaul.."


Bagaimana dengan Bahasa Gaul...??
Bagaimana dengan bahasa gaul dan bahasa 4l4y seperti lo, gue, aq, dan cara menulis, seperti dua contoh diatas, apakah harus dimusnahkan??

Tidak, bahasa-bahasa tersebut muncul karena adanya interaksi sosial, karena adanya pergaulan. Bahasa semacam ini tetap boleh digunakan, namun dibatasi penggunaannya.
Bahasa gaul dan bahasa 4l4y tidak selamanya dapat dijadikan tersangka utama dalam kasus ini, semua kembali kepada subjeknya, ke pribadi masing masing.

Masing-masing pribadi, harus mampu untuk menyaring dan membatasi penggunaan bahasa-bahasa tersebut. Dengan adanya kesadaran dari setiap individu untuk membatasi penggunaannya, diharapkan Bahasa indonesia dapat menjadi tuan rumah yang terakui serta dapat menjadi salah satu alat pemersatu bagi bangsa kita yang plural ini.



Sedikit Kutipan...


~Semua orang berpikir untuk mengubah dunia.. Tapi tak satupun berpikir untuk merubah dirinya sendiri...~ 


Itulah yang diungkapkan oleh Leo Tolstoy, seorang Novelis dari Rusia.
Inti dari ucapan itu ialah, kita harus mulai segala sesuatu dari diri kita sendiri.
Namun, perlu diingat serta diperhatikan, bahwa semua dimulai dari diri sendiri, bukan untuk diri sendiri, namun semua dimulai dari diri sendiri untuk bersama.
Begitu pula dalam hal 'membebaskan' bahasa Indonesia dari 'pengasingan', kita harus mulai membatasi penggunaan bahasa gaul dan 4l4y itu mulai dari diri sendiri.
Bahasa gaul dan 4lay, bukan tidak boleh digunakan, tapi perlu dibatasi dalam penggunaannyaa. Untuk kepentingan bersama, untuk mengembalikan 'tahta' sang empunya rumah di dalam rumahnya sendiri.
Dan tentunya untuk menjaga kesautan negara kita yang heterogen akan bermacam-macam suku, budaya, dan tentunya bahasa.



Rabu, 20 Juni 2012

PSK DOMSAV 2012

Beberapa hari ini, aku dipandang negatif ketika nge-tweet menggunakan hastag #PSKDomsav, melalui artikel ini saya jelaskan semua.

PSK..., bukanlah sekedar singkatan yang selama ini anda dengar. PSK merupakan singkatan dari Pekan Sportifitas dan Kreatifitas. Acara ini diadakan rutin di sekolah saya SMP PL Domenico Savio, setiap tahunnya setelah tes semester 2. PSK Domsav, juga akrab disebut dengan "Masa jeda".
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar siswa serta melatih siswa menjadi pribadi yang keratif san sportif. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan keakraban

Acara dibuka dengan apel pagi. Dalam apel ini, diserahkan piala bergilir juara umum dari kepala sekolah kepada ketua panitia. penyerahan piala ini menandai dimulainya PSK Domsav   tahun 2012. Dalam tahun ini diadakan sebuah lomba yang belum ada di tahun sebelumnya yaitu lomba menulis, membaca puisi, dan Paduan Suara. Selain itu, diadakan pula beberapa lomba seperti, basket, voli, badminton. dll.

Setiap Domsavian diajak untuk terlibat aktif, baik terlibat dalam lomba ataupun menjadi suporter bagi kelasnya.
Pelajaran hidup tidak hanya didapat dengan menjadi wakil kelas dalam suatu lomba, melainkan juga dapat didapat ketika menjadi suporter untuk mendukung kelas. Selama masa jeda berlangsung seluruh Domsavian diajak menjadi suporter yang santun dan menghormati lawan, baik tim ataupun suporter lawan.

Kakraban selama PSK Domsav berlangsung sangat terasa, baik antara siswa-siwa ataupun siswa-guru. Semua pebedaan menguap seiring kegembiraan  yang tercipta. Semuanya melebur menjadi satu, menikmati susana kebersamaan yang tercipta.

Melalui artikel ini saya juga ingin menyampaikan apresiasi bagi panitia serta teman-teman pengurus OSIS.
Terlakasananya PSK Domsav 2012, tidak lepas dari peran panitia serta teman-teman pengurus osis. Mereka telah mempersiapkan dengan baik, sehingga PSK Domsav hari pertama hingga kelima dapat berjalan lancar.

Beberapa foto di bawah ini, mungkin dapat menggambarkan sedikit keseruan yang terjadi selama PSK Domsav 2012 berlangsung. Thanks for @Nora_Gk dan @katy_chand, yg udah berbagi beberapa jepretan kepada mimin...
kebersamaan yang tercipta ( yg pake baju spongebob tu.. admin dari  http://www.graceallesandra.blogspot.com/ , kl cowo yang duduk belakangnya tu mimin..)
lomba line dance
lomba baca puisi
narsis sebelum berlaga hehehe..
latihan perlu lhoo....
tim harus kompak dong.. briefing dlu..



Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav 2012 - Hari Keempat & Kelima

Dengan pertimbangan berat... dan dengan semedi selama semalaman (baca: tidur~ Gk), akhirnya mimin memutuskan untuk menggabung liputan antara hari keempat dan kelima.
Salah satu alasan menggabung dua liputan ini, karena dua hari berturut-turut agenda lombanya sama yaitu, Lomba Line dance dan Paduan Suara. (padus)
Jadi, untuk hari keempat, lomba line dance bagi kelas 7 dan padus untuk kelas 8. Sedangkan hari kelima Line dance untuk kelas 8 dan padus untuk kelas 7.

Untuk lomba paduan suara, kami diminta menyanyikan 2 lagu, yaitu mars SMP PL Domenico Savio dan Jingle Domsav. Sedangkan line dance itu lomba semacam senam lah.. mimin juga gag tau kenapa disebut line dance mungkin biar keren.
Penasaran ama line dance ?? cek deh foto di bawah ini, masih jepretan dari @Nora_Gk..





masih penasaran??? silakan di cek videonya ..

 

Sabtu, 16 Juni 2012

Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav 2012 - Hari Ketiga

Untuk hari ketiga, cukup beda dengan dua hari sebelumnya. pada hari ini difokuskan pada satu Lomba yaitu membaca puisi. Setiap kelas mengirimkan 1 wakilnya.
Untuk puisi yang dibacakan, ialah hasil dari masing-masing wakil kelas.

Dalam lomba ini ada beberapa hal yang dinilai, antara lain penghayatan serta pelafalan dalam mengucapkan kata-kata. Tim juri, terdiri dari tiga guru Mapel Bahasa Indonesia, yaitu Bu Prima, Bu Devi,dan Pak Fidi

Untuk kelas mimin sendiri, mengirim satu wakil, ia adalah Henny (E11). untuk menunjukan keseruannya, monggo dilihat foto-fotonya masih hasil jepretan @Nora_Gk lhoo...


wakil kelas mimin..

wakil kelas 7c
wakil kelas 8 akselerasi..
penonton yang menyaksikan...
Inilah tim juri...
(Bu Prima paling kiri, Pak Fidi tengah, Bu Devi paling kanan)
Para peserta / wakil masing-masing kelas..

Jumat, 15 Juni 2012

Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav 2012 - Hari Kedua

Hari kedua,
Huft... panasnya udara berbanding lurus dengan panasnya persaingan di masa jeda Domsav. Pada hari kedua ada 3 cabang yang dipertandingkan. yaitu Badminton, Bola Voli penyisihan kelas 8 , dan Basket penyisihan kelas 7.

Pada hari ini, kelas mimin (admin~GK) berlaga di cabang bola voli dan badminton.
Untuk pertandingan bola voli, kelas mimin.. berhasil masuk ke babak semi final, walaupun terjadi sedikit perselisihan pasca poin terakhir untuk kelas mimin.

 Yah, melalui perselisihan ini, secar tidak langsung kami diajarkan untuk bisa mengontrol emosi dan juga sportif. Selain itu, kami juga diajarkan untuk mendukung tim kami secara baik serta diajarkan untuk menjadi suporter yang santun dan menghormati suporter serta pemain tim lawan.

Untuk cabang badminton, kelas mimin berhasil masuk ke babak semi final. Namun sayang, pada babak ini kami harus mengakui keunggulan dari tim kelas 8D.
Badminton, hanya mempertandingkan satu partai saja yaitu ganda campuran. Kelas mimin, diwakili oleh Albert (E02) dan Ika (E10). Walau, belum beruntung di babak semi final, kelas mimin berkesempatan untuk memperebutkan juara 3.

Berikut mimin lampirkan, beberapa  foto hasil jepretan @Nora_Gk.



Siap-siap servis atas


keakraban ditengah kompetisi



mimin in action.. hehehe...


NB : postingan ini dibuat berdasarkan sudut pandang mimin. Serta tidak dimaksudkan menyinggung pihak tertentu.

Kamis, 14 Juni 2012

Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav 2012 - Hari Pertama

Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav, adalah suatu acara yang diselenggarakan untuk mengisi waktu luang setelah Tes Semester 2 di SMP PL Domenico Savio, Semarang. Selain untuk mengisi waktu luang, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan sportifitas, kreatifitas, serta kekompakan para Domsavian. Acara yang juga sering disebut dengan "Masa Jeda" ini, akan dihelat mulai tanggal 14 - 22 Juni 2012. berikut merupakan liputan singkat Pekan Sportifitas dan Kreatifitas Domsav 2012 - Hari 1.

Acara diawali dengan apel pembukaan dengan pembina Bapak Rudy. Pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari kepala sekolah yang di wakili oleh Bapak Rudy kepada ketua panitia.  Pada hari pertama, ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan, dua cabang tersebut ialah Bola Basket dan Bola Voli. Untuk cabang bola basket, diadakan pertandingan penyisihan untuk kelas 7 dan kelas 8. Sedangkan untuk cabang bola voli, diadakan pertandingan penyisihan untuk tim voli kelas 7.

Acara berlangsung seru,
Para Domsavian terlihat sangat antusias untuk mengikuti pertandingan ataupun untuk mendukung tim dari kelasnya yang berlaga. Tiap siswa berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kelasnya. Walau begitu tetap ada kekalahan dan kemenangan, ada kegembiraan dan kekecewaan, tapi semua itu di terima dengan lapang dada oleh para Domsavian.


Untuk menggambarkan keseruan masa jeda hari pertama,
 Berikut, saya lampirkan beberapa foto hasil jepretan @Nora_GK (thanks Nora), 

pemanasan sebelum berlaga


briefing singkat sebelum bertanding


berusaha memberi yang terbaik untuk kelas


keakraban ditengah kompetisi


antusiasme DOMSAVIAN (yang pake baju putih mimin lho.. ^_^)