Jumat, 17 Februari 2012

Belajar Public Speaking

Dalam era globalisasi ini, kita akan mengalami proses sosialisai yang sangat luas , baik dengan teman, rekan kerja, bahkan kepada atasan sekalipun. Oleh sebab itu di era globalisasi ini kita dituntut untuk memiliki public speaking yang baik. Pada artikel kali ini saya akan mengemukakan sedikit Gagasan Kecil-ku mengenai pembelajaran public speaking


Apa itu public speaking ?

Public speaking merupakan kegiatan dimana kita dituntut untuk berbicara di depan umum dengan tatanan bahasa yang baik dan juga santun,
baik untuk menyampaikan pendapat, memberikan sambutan pada suatu acara, hingga membawakan suatu acara.

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 ( 2 SMP) , materi tentang public speaking sudah di masukan menjadi salah satu materi yang diajarkan. Dalam materi ini seorang siswa diajarkan untuk dapat berbicara di depan umum Namun, materi belumlah cukup untuk menunjang kemampuan publick speaking seseorang. Kemampuan ini tentunya perlu diasah.

Cara Mengasah Public Speaking

Public speaking dapat dilatih serta dikembangkan dengan cara yang paling sederhana sekalipun. Cara yang paling sederhana adalah menjadi MC dalam sebuah acara pada sebuah komunitas kecil. Sebagai pelajar, cara sederhana tersebut dapat kita terapkan di kelas kita, semisal dalam kelas ( juga bisa komunitas lain) ada sebuah acara yang memerlukan seorang MC, anda dapat mengajukan diri sebagai MC dalam acara tersebut. Intinya, cara mengasah kemampuan ini adalah berlatih untuk berbicara di depan umum baik menjadi MC dalam suatu acara sederhana maupun menjadi peserta yang menyampaikan pendapat di depan peserta lain.

public speaking pertama saya, di kopi darat bersama @dotsemarang

Hambatan Dalam Public Speaking

Musuh terbesar saat ber-public speaking adalah perasaan MALU, TAKUT, GUGUP. Rasa tersebut pasti akan muncul terutama saat pertama kali berbicara di depan umum. Tapi, seiring berjalannya waktu dan seiring dengan semakin banyak kita melakukan public speaking maka rasa tersebut akan hilang.




Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ber-Public Speaking

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan ber-public speaking antara lain :

-Penampilan,
usahakan penampilan anda menarik dan masih dalam batas kewajaran, supaya para hadirin merasa tertarik untuk mendengar apa yang anda sampaikan.

-Ketenangan Diri jangan gugup,
Diperlukan ketenangan diri supaya informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh para hadirin.

-Cara Penyampaian,
Dalam penyampaian jangan gunakan cara yang membuat para hadirin bosan, contohnya :
Acara pertama, sambuatan ketua panitia... (setelah selesai) Acara kedua, sambutan ketua RT.....(setelah selesai)Acra Ketiga, ramah tamah.... dst.
berikan sedikit inprovisasi untuk menjaga mood para hadirin.


-Mood hadirin
Jika para hadirin terlihat sudah mulai bosan, tugas anda adalah untuk membangkitkan suasana kembali kondusif, baik dengan melontarkan lelucon atau memberikan yel-yel.

-Menghindari kate jeda "eee... "
Dalam menyampaikan informasi usahakan menghindari kata jeda yang dapat menggangu tatanan bahasa yang sudah baik, contohnya kata jeda "eee..."
kalimat---> Hadirin sekalian eee... pada hari ini kita akan eee... mengadakan prosesi eeee.....dst.

Demikian, sedikit ulasan mengenai Public speaking, semoga dapat membantu para pembaca untuk belajar ber-public speaking.


-

1 komentar:

  1. Bener mas, >> Menghindari kate jeda "eee... " << ini adalah sangat penting, selain untuk menghemat waktu, menghilangkan atau menghindari kata "ee" itu bisa meningkatkan respek audiens ke kita, kalo kita ngomongnya "terlihat" lancar, audiens bakalan "mengganggap" kita pro, ahli atau menguasai materi.. So, hilangkan kata "eee.." hehe..

    kalo memang belum ahli atau belum menguasai materi, berpura-puralah.. #eh.. :p

    BalasHapus