Sabtu, 22 Desember 2012

Musuh itu ada DI CERMIN !!


Blog, sebuah dunia dengan segala kemegahaan dan kesederhanaannya, dengan segala keseriusan dan keabsurdannya. Entahlah.. siapa yang mempengaruhi saya saat itu untuk masuk dalam dunia blogging ini, saya tidak butuh orang yang mempengaruhi saya tapi saya hanya butuh satu dasar untuk tetap bertahan dalam dunia blogging ini. 
Hanya melalui blog, kita dapat berbagi gagasan, pengalaman, dan tips, serta jenis tulisan yang lainnya tidak hanya pada orang yang ada disekitar kita namun juga kepada seluruh dunia tanpa ada batasan ruang dan waktu. Ya, hal itulah yang menjadi dasar bagi saya

Tidak jauh berbeda dengan dunia nyata, dalam dunia blogging juga ada berbagai macam tantangan, mulai dari cara promosi tulisan, menghadapi plagiatisme, hingga menjaga konsistensi diri.
Tantangan yang terakhir merupakan tantangan yang pasti dihadapi oleh semua blogger, termasuk saya. Menjaga konsistensi diri untuk tetap nge-blog saya akui merupakan hal yang sangat susah.
Susah, karena kita harus menghadapi rasa malas untuk menulis.

Sebetulnya, rasa malas tersebut tidak dikarenakan godaan- godaan dari lingkungan kita, seperti bermain game, socmed, atau lain sebagainya, namun faktor utama penyebab rasa malas tersebut ada di cermin anda !

Saat anda bercermin, apa yang anda lihat?
Ada seorang dalam cermin itu, dan ia lah yang menggoda kita untuk tidak menulis. Sebetulnya anda dapat mengarahkan orang tersebut untuk tidak menggoda anda lagi, dengan cara...

Tatap mata orang yang ada dicermin tersebut, tatap dalam kedua matanya, katakan dengan berbisik namun tegas dan tentunya dengan penuh keyakinan

“Heii kamu... ya kamuu.... kamu punya kemampuan untuk menulis, sekarang keluarkan semua ide yang ada dipikarnmu dengan menulis”

Pertegas dengan mengucapkan satu kata terakhir padanya

“SEKARANG!”

Teknik ini sudah saya coba berulang kali, pada awalnya saya merasa semua ini sia-sia. Namun saat saya mengatakannya dengan penuh keyakinan teknik ini berhasil dan bekerja atas diri saya.

Mau bukti???
Jika anda telah selesai membaca tulisan ini, itu berarti and juga telah selesai membaca bukti dari keberhasilan teknik ini.


Selasa, 18 Desember 2012

Hei Dunia... Dengar Aku !

" Aku yakin kita pasti akan ketemu lagi.. Bye.. Aku sayang kamu"

Ya.. itulah kalimat terakhir yang aku dengar dari dia, sesaat sebelum kita berpisah.
. Aku kehilangan orang yang sangat berarti dalam hidupku, bukan karena ia berpindah hati, namun karena ia harus mengikuti kedua orang tua nya yang pindah tugas ke Australia.
SEDIH , itulah perasaanku.

1 bulan telah berlalu,
Aku telah putus komunikasi dengan dia, kenapa? aku tak tahu yang aku tahu aku rindu dengannya.

Aku sadar aku tak bisa menyimpan perasaan ini sendiri, aku tak mampu.

"yah.. aku mau cerita" ungkapku pada ayahku tercinta
"Cerita apa dek.."
"Aku sedih ditinggal Tika pindah.."
" Lohh.. lha napa?"  potong ibuku
" Aku tu sayang dia... aku cinta ama dia... tapi napa ya kita harus pisah ?"
 " aduhh dek.. kamu tu masih kecil, belom tau tentang cinta?" jawab ibuku
" Iya.. apalagi kasiahan dong tika kalau harus pisah sama orang tuanya.. selain itu bener kata ibu.. kamu itu masih kecil, belom mudeng tentang cinta" Tambah ayahku.

Jawaban itu yang selalu muncul dari mereka berdua, saatku bicara "Cinta".
 Mungkin umurku memang  terlalu muda aku untuk mengetahui apa itu cinta, apa itu rasa sakit hati.  Tapi aku rasa jiwaku tidak semuda umurku, jiwaku telah siap mengerti apa itu cinta, jiwaku telah siap menerima sakit hati jika itu memang resiko dari 'sesuatu' yang disebut cinta.

Aku memilih diam, aku pun masuk ke kamar .
Ya, di tempat ini aku luapkan semua perasaan ku, bukan dengan menangis tapi dengan menulis. Kubuka jendela kamarku, kulihat bulan disana. Dan kukatakan padanya semua perasaanku, biar ia yang mengatakannya pada dunia tentang semua ini.

Ya.. biar dunia yang mendengarnya, biar dunia yang menyampaikan rindu ku padanya.

Kutatap bulan diluar sana dan berkata pelan.....
"Heii dunia... dengarkan aku, aku rindu padanya..."

Dimana Kebahagian?

Kebahagiaan...
suatau rasa, yang pasti ingin dirasakan oleh semua orang, taka terkecuali saya.
Kadang kita berkata bahwa telah mendapat kebahagiaan sesungguhnya ketika kita mendapat nilai bagus, atau ketika kita sudah mendapat kekayaan yang kita inginkan, atau mungkin juga ketika kita telah ada disandaran seorang kekasih.

Definisi kebahagian sendiripun sangat relatif menurut setiap orang, ada yang menganggapnya sebagai situasi saat hidup sedang tengan, ada yang mengaggapnya saat semua masalah hidup dapat diselesaikan, ada pula yang menganggap merupakan saat semua yang diinginkan tercapai.

Semua itu sangat relatif, menurut saya sendiri kebahagiaan ialah saat saya telah bisa membahagiakan orang-orang disekitar saya, seperti orang tua, saudara, teman , dan kekasih (walau saat ini saya tidak memiliki seorang kekasih). Dengan kerelatifan definisi dari kebahagiaan, paling tidak kita dapat menyimpulkan jika semua kebahagiaan berasal dari dalam diri kita masing-masing.

Kebahagiaan Bukan untuk Dicari, Tapi untuk Diraih dan Dipetik. 

Sabtu, 15 Desember 2012

Kami Belum Selesai

ee.. sebenernya posting ini postingan santai yang lebih menuju ke curhat dari admin.. hahahaha

mungkin udah lama banget blog ini gg di update, gg ada post baru dalam beberapa minggu ini. Jujur hal ini juga membuat admin gelisah dan cemas.. sempet admin berfikir apakah ini akhir dari gagasan kecil.. dan admin segera menjawab sendiri, TIDAK!

Jujur aja belakangan ini, saya bingung harus post apa di blog saya, banyak pikiran juga sih.. mulai dari UAS sampai proyek buku pertama "Inilah Blogku, Inilah Gagasan" yang tak kunjung usai juga membuat saya galau, dan membuat pikiran saya terpecah-pecah seperti hati ini kala kau tinggalkan diriku... halah.... oke yang itu lupakan...

udah hampir 2 tahun aja ngeblog di "Gagasan kecil" ini , paceklik blog seperti ini udah sering saya hadapi, dan hampir semua pengalaman paceklik postingan ini berakhir di WC.

Ya.. WC, sembari saya membuang sisa hasil metabolisme dari dalam tubuh saya ( baca : e'ek- red) , otak saya membawa saya untuk melayang dalam imajinasi, sehingga saya tenggelam didalam lautan ide yang begitu saja muncul. Dan saat sa7a menulis ini pun sebuah ide muncul langsung di dalam kepala saya.

Ide itu adalah untuk mem-post-kan cerpen yang telah saya buat lama..., dan anda tahu dimana saya membuat cerpen tersebut??
Saya membuat nya di dalam ruang kelas 9C SMP PL Domenico Savio Semarang, yang menjadi ruang tes saya saat tes UAS, dan saya tuliskan semua itu di balik lembar soal mata pelajaran PKN yang telah saya selesaikan 5 menit sebelum saya mulai menulis cerpen tersebut.

Sebagai seorang blogger.. halah..
oke..oke.. aku ganti, sebagai blogger kece... hahahaha..
tempat dan situasi tidak lah menghalangi saya untuk menulis, asalkan ada kertas dan pensil saja hahahahaha...

Sekarang saya teringat pada kata Sujiwo tejo, yang  berbunyi..
" jangan berhenti menulis ketika sudah tidak ada hasrat untuk menulis, namun berhentilah saat sedang bergairah untuk menulis"

melalui posting ini saya sedang mencari-cari hasrat menulis yang beberapa minggu ini hilang dari saya, dan ternyata berhasil, saya telah dapat keinginan dan semangat untuk menulis lagi.. walaupun tulisan nya agak kacau sih ahahahahaha....

Oyaa.. dalam waktu dekat ini saya bakal wawancara ama duta sanitasi nasional, yaa mungkin tidak secara langsung, tapi saya bakal berusaha korek-korek keterang samapi paling detail dari dia.
Ada b ocoran dikit nih tentang Duta Sanitasi Nasional yang bakal saya wawancara... doi itu anak kelas 9A SMP PL Domenico Savio, yaa masih satu sekolah dengan saya.. namanya Dhea Safitri. Info lebih lanjut.. dtunggu aja di postingan tentang Duta Sanitasi ini.

Oke.. saya rasa cukup sekian dulu... mohon maaf kalo ada salah-salah kata dan pengejaan. hahaha...

yaa pokoknya cukup sekian aja deh posting kali ini...
dan inti dari postingan yang tidak berinti ini adalah... GAGASAN KECIL BELUM SELESAI bung... hahaha...

Minggu, 25 November 2012

Satu Bab Di Hidupku, Selesai !

Hidup...
hidup itu seperti sebuah buku.. dan kita semua adalah tokoh utama dalam buku tersebut.

Novel kehidupan ini ditulis oleh Dia yang berkuasa atas segalanya.. ya.. oleh Tuhan sendiri.
 Dan lagi aku katakan kita hanya tokoh utama dalam novel itu.. dan hanya dapat menjalaninya saja.
Kita tidak tahu.. berapa halaman novel yang harus kita jalani..
kita tidak tahu seberapa lama novel kehidupan ini berjalan..
kita tidak tahu kapan akhir dari novel kehidupan ini..

Semua dimulai dari BAB 1 yaitu kelahiran. Sama seperti semua orang aku pun menjalani bab ini.. kujalani setiap bab yang sudah dituliskan Tuhan kepada ku. Banyak konfilk yang muncul di tiap bab nya.. tapi tetap kujalani dengan keyakinan Novel ini akan berakhir dengan happy ending.

Setiap bab telah kulalui.. hingga tibalah aku pada suatu bab.. entah bab berapa itu..
Tepatnya kumulai bab ini tanggal 19 Juli 2012.

Aku memulainya dengan seorang tokoh bidadari yang sangat cantik.
DAN AKU SANGAT MENYAYANGINYA.
 Seperti biasanya.. di awal bab.. tidak ada konflik yang cukup berarti. Kami berdua melalui beberapa konflik kecil dan dengan sangat mudahnya kami melaluinya.

2 bulan kami menjalani bab ini.. konflik yang kami hadapi semakin besar. Tapi kembali kami masih tetap berjalan seiring.

3 bulan..
berbagai konflik mulai menyerang kami..
kami berdua bertahan sekuat tenaga.. dan kami berhasil melaluinya..

Memasuki bulan keempat..
kami memulai nya dengan sangat bahagia...
 aku sangat ingin.. melanjutkan bab ini untuk selamanya.. aku ingin bab ini adalah bab akhir dalam hidupku dengan halaman yang sangat panjang.
Aku ingin sekali.. bab ini tidak hanya berlalu sepanjang 4 bulan 7 hari..

Tapi sang penulis Novel kehidupan ini telah berkata lain..
 25 November 2012... tepat 4 bulan 7 hari kami menjalani bab ini...
sang penulis menuliskan hal yang tidak aku inginkan tertulis di halaman berikutnya.

Aku harus berpisah dengan sang bidadari itu..
mungkin.. ini berat untuk aku..
tunggu.. bukan mungkin.. tapi memang berat untuk aku..
aku tidak menyangka.. bab ini akan selesai secepat ini..

Tapi aku percaya..
sang penulis mempunyai jalan cerita lain di Novel kehidupan sang Bidadari itu.. yang akan membuatnya senang.
 Selama ia senang.. aku pun akan ikut senang..

Diakhir halaman bab ini.. aku hanya bisa berterima kasih pada bidadari itu..
karena telah bersedia hadir... dan menghiasi Novel kehidupanku...

Satu harapanku..
Ada suatu bab didepan sana yang akan melanjutkan kisah dari bab ini..

aku berharap...
karena aku pun percaya Bidadari itu masih menyayangi ku..

19 Juli 2012 - 25 November 2012
4 bulan 7 hari

sebuah bab dalam hidupku selesai..
dengan harapan masih ada lanjutan kisah dari bab ini di depan sana..


aku akan menunggu... 

Dan untuk Bidadariku..
walau sekarang kau tak ada di dalam Novel kehidupanku...
tapi percayalah..
terselesaikannya tulisan ini bukan berarti terselesaikannya rasa sayangku padamu...

Aku percaya kamu akan membaca tulisan ini
Dan saat kamu baca tulisan ini
percayalah..

AKU MASIH SAYANG KAMU... :')

Minggu, 11 November 2012

Kita (tidak) Bodoh

Pagi itu aku bangun... dan bersiap ke sekolah seperti biasa.
Aku masuk ke tumpanganku dan disana sudah ada ayahku yang siap mengantarku. Diperjalanan seperti biasa aku membeli surat kabar, dan  kubaca berita berjudul "Pengangguran Semakin Meningkat" , aku balik lagi halaman koran tersebut, dan aku baca lagi sebuah judul besar " SDM Indonesia Kalah Saing di Luar Negeri"
hhmm... dua berita tadi membuatku bertanya dalam hati... mengapa penganguran semakin meningkat ? mengapa tenaga kerja kita kalah bersaing ?

Pemerintah,
sebuah opsi jawaban yang muncul di benakku
apakah semua salah pemerintah yang tidak memberi perhatiannya??

TIDAK !!
Kita tidak boleh selalu menyalahkan pemerintah.
Mereka yang duduk di sana pasti juga telah memikirkan segala cara untuk menyelesaikan dua masalah tersebut,
 tunggu... tidak hanya dia masalah tersebut, tetapi juga berbagai masalah di negeri ini.

Rasa ragu.. ya pasti ada.., ragu karena berbagai pemberitaan negatif yang ada tentang beberapa dari mereka.
Tapi kita harus tetap percaya pada mereka, toh yang diberitakan oleh berbagai media hanyalah segelintir orang saja, jangan sampai orang yang benar-benar bekerja untuk kita malah kena imbas dari pemberitaan negatif itu .
Masih banyak orang baik di sana, aku yakin itu !

Pemerintah, aku rasa bukanlah jawabannya



Kembali,
 aku termenung mencari jawaban dari semua pertanyaan tadi, apa yang salah dari negeri ini ??  Apakah kita bodoh ??
Bodoh..... hmmm....

Pertanyaan yang tajam... tidak hanya mempermasalahkan bodoh atau tidak nya kita, tapi juga kualitas pendidikan dari negeri ini.

Berbagai Faktor sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan kita, mulai dari pihak yang paling berperan yaitu guru-guru kita, kurikulum yang kita gunakan, hingga infrastruktur pendidikan kita.
Ku coba bedah satu-satu,

Guru, 
what's wrong with my teacher??
foto dari @SAMuelhendrawan 
Mereka mengajarku dengan baik.., menularkan ilmu nya dengan ikhlas.., dan aku rasa tak ada alasan untuk meragukan kualitas guruku.., tidak hanya guruku tapi semua guru di Indonesia.
Mereka yang berdiri didepan kelas tiap harinya pasti telah memperoleh pendidikan yang cukup.. bahkan lebih...!!!
Sertifikasi guru... aku rasa itu hanya untuk bukti tertulis, mereka yang sudah lulus, pasti sudah teruji kualitasnya.. tapi jangan salah mereka yang belum lulus pun aku sangat yakin.. kualitasnya nomor wahid.

Berita negatif tentang guru, tidak bisa dijadikan cermin kualitas semua guru di Indonesia, tidak bisa dijadikan cerminan kualitas pendidikan Indonesia.

Setiap sekolah pasti berusaha meningkatkan kualitas dari sekolahnya, hal ini bisa menjadi salah satu jaminan kualitas guru. Jika ada guru yang kualitasnya tidak layak, aku yakin sekolah itu pasti akan "mengistirahatkannya".

Berbagai asumsi itu, membawaku pada sebuah kesimpulan,
Semua ini bukan tentang kualitas guru...

Faktor  kedua, Kurikulum.
apa yang kurang dari kurikulum kita?

Menjalani kurikulum ini aku rasa sudah cukup... bahkan dengan kurikulum ini banyak pelajar Indonesia yang dapat menunjukan 'taringnya" di dunia Internasional.
Tak usah heran... tak usah ragu...
jika anda tidak percaya kabar itu mungkin karena anda tidak mendengar pemberitaanya.

Saya punya bukti nyatanya... salah satu kakak kelas saya, seorang alumni dari SMP PL Domenico Savio Semarang telah memperoleh medali emas dalam olimpiade matematika Internasional, dia adalah Richard Akira Heru.
Kak Richard adalah salah satu dari banyak siswa di Indonesia yang telah menunjukan kehebatannya di dunia Internasional.

Jadi dengan begitu.. tidak ada yang salahkan dari kurikulum kita sekarang (?)

Faktor terakhir, infrasturktur.
 Yang tidak ada komputer.. tidak ada lab. bahasa... 
yang gedungnya mulai rusak... dan berbagai masalah lainnya saya rasa memang cukup.. bahkan sangat menghambat. Ya, kita harus aku itu. 
Memang selama ini hal ini yang dianggap paling mengahambat. Tapi menurut saya.... ketika guru dan kurikulum tidak ada masalah,  saya rasa infrastruktur tidak akan menjadi kendala yang besar.

Papua.. daerah yang masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, tentunya disana infrastruktur pendidikannya juga tertinggal dan mungkin di beberapa daerah di papua bisa dikatakan sangat minim.
Tapi.. dari daerah yang dapat dikatakan infrastrukturnya masih tertinggal.. bisa menghantarkan seorang pelajarnya untuk memperoleh First Step to Nobel Prize in Physic .. ya. siapa yang tidak mengenalnya... George Saa.

Dari prestasi yang diraih oleh George Saa, saya rasa masalah infrastruktur dapat ditutup dengan kualitas dari guru serta kurikulum yang ada.

 Infrastruktur.. tidak menjawab pertanyaanku. 
  
Semua opsi telah saya bedah satu persatu, dan semua opsi tersebut menyatakan tidak ada yang salah dengan pendidikan kita.

Tunggu...  semua yang telah kita bahas diatas, barulah faktor pendidikan secara formal di sekolah saja.
 Dan perlu kita ingat... bahwa pendidikan tidak hanya di dalam kelas saja, namun juga di lingkungan luar, lingkungan pergaulan.

Opsi jawaban pun muncul kembali... LINGKUNGAN PERGAULAN

Lingkungan Pergaulan,
foto dari @Desta_Landya10 
banyak mempengaruhi sifat manusia.  
Pergaulan yang positif dapat membawa kita ke pada puncak prestasi. Dapat memotivasi kita meraih hasil terbaik dalam akademik maupun non akademik. 

Namun harus kita akui,
Pengaruh tersebut tidak selalu positif terhadap perkembangan kita. Banyak pergaulan yang membawa dampak negatif, seperti terjerumus ke lembah gelap narkoba. 

Tidak hanya itu, 
Pergaulan  juga dapat mengubah kepribadian seorang manusia, dimana pada awalnya seorang tidak biasa berkata kasar, namun setelah masuk dalam lingkungan pergaulan yang salah ia terpengaruh berkata-kata kasar.

 Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan.. Jika pergaulan dapat mengubah kualitas hidup manusia, yang pada awalnya kualitasnya baik namun dengan salah masuk kedalam pergaulan kualitas nya langusng drop.  

Yang pada awalnya berkualitas untuk kerja, namun karena terpengaruh pergaulan negatif semua kualitas itu hilang dan tergantikan dengan kebiasan-kebiasaan negatif.
Yang pada awalnya berkualitas untuk besaing dengan dunia luar, namun karena pergaulan yang salah semua kualitas itu hilang.

Nahhh....
aku temukan jawabnnya... Kita tidak bodohh... kita hanya kurang mampu menyaring pergaulan kita. 

Jawaban itu sudah menyelesaikan pertanyaan ku, namun muncul kembali sebuah pertanyaan..
Apa solusinyaa menghadapi permasalahan ini ?? Apa kita harus membatasi pergaulan kita ??


 Tidak... pergaulan tidak perlu dibatasi. 
Yang perlu ialah mengontrol diri dan menyaring mana pengaruh pergaulan yang baik dan yang tidak baik.
 Tentunya sangat sulit untuk mnyaring hal ini, orang tua tentu tidak bisa mengawasi selalu pergaulan anak-anak nya terutama katika sedang ada di sekolah.

Ya.. sekolah.. lingkungan pergaulan terluas dan terbesar bagi generasi penerus bangsa kita. Ketika disekolah tentunya banyak pengaruh yang diterima oleh setiap individu, dan pasti setiap individu kesulitan menyaringnya... Aku yakin itu..
 Dan disaat itulah.. munculah pahlawan yang selalu menjaga kita dalam pergaulan di sekolah.. kadang pula kita tidak sadar akan adanya pahlawan itu.

Pahlawan itu ialah para Guru kita. 

Guru, selalu jadi pahlawan bagi kita semua.. ia tidak hanya mengajarkan pada kita berbagai macam pelajaran namun dia juga membantu kita untuk membedakan mana yang harus kita simpan.. dan mana yang harus kita buang.

Kalimat diatas mungkin membuat anda merasa seperti anak kecil. 
Tapi kembali saya katakan bahwa setiap orang pasti mengalami kesulitan menyaring berbagai pengaruh pergaulan, dan guru secara langusng maupun tidak langsung akan membantu kita melakukannya.

Guru lah pihak yang sering menyelamatkan kita dari berbagai pengaruh buruk.
Mungkin untuk teman-teman yang sudah kuliah maupun kerja, perlu di-ingatkan kembali kapan guru membantu kita.
  
 Mari saya bantu mengingatkannya

Ingatkah saat anda dihukum karena ketahuan mencontek..
ingatkah saat anda  ditegur karena ribut dikelas..
ingatkah saat anda dihukum karena terlambat ke sekolah..

Semua hal itu, sebenarnya dilakukan guru kita untuk menyelamatkan kita...
dari pergaulan yang menuju ke arah korupsi

dari pergaulan yang menuju ke kebiasaan tidak menghargai orang lain
dari pergaulan yang membuat kita tidak disiplin. 

Orang tua.. memang membantu kita dalam mengahdapai pergaulan itu.. namun kembali saya katakan, orang tua tidak sepanjang waktu dapat mengawasi kita.. sebagian besar waktu kita habiskan disekolah.. disanalah Guru kita berada. 
  
Sudah sepatutnya.. dan selayaknya kita berterima kasih pada Guru kita.. yang telah menjadi pahlawan untuk kita melawan berbagai pengaruh buruk pergaulan kita.

foto dari @SAMuelhendrawan 
Ingat.. kita tidak bodoh kawan... 
Kita terlahir pintar.. kita terlahir luar biasa...
kita terlahir untuk mengguncangkan dunia dengan berbagai prestasi kita atas nama Indonesia...

Yang kita butuh sekarang adalah orang yang dapat membantu kita melawan pengaruh buruk dari pergaulan... 

Kini mereka ada didekat kita..
kini mereka ada disekitar kita.. 



Mereka adalah guru kita...


  

Sabtu, 27 Oktober 2012

Biarlah Rindu Ini

Malam ini...
tak ada getaran dari hapeku..
tak ada getaran dari hatiku..
ketika ku jauh darimu...


Kupandang atap tak berujung diatas sana...
melihat.. suatu yang pasti kamu lihat..
bulan...

kuberjalan menyusuri liku jalan hidup ini..
kurasanakan sesuatu yang pasti kau rasakan disana..
angin...

biarlah semuaa rindu ini meluap..
biarlah hati ini meronta...
biarlah jiwa ini berteriak..
biarkan semua terjadi..

biar bulan dan angin mendengar kerinduanku..
dan biarkan bulan dan angin yang menyampaikannya padamu...

Selasa, 23 Oktober 2012

Culture


When we talk about culture, absolutely we have known that Indonesia has so many culture. May be because that is to many or it less attention, there’s many culture isn’t know by Indonesian’s teenagers.

We are Indonesian, so we have to know and care to own culture.For example, when malaysia claim our culture,batik. It made Indonesian people mad, and when UNESCO decided batik as a world heritage of Indonesia, Indonesian people are so happy. But we have to look out ourselves, have we care to our culture? Have we care to batik before malaysia claim it ??

When we talk about conservation of culture, actually that is our duty. But it sometimes forgotten by indonesian’s  teenager, include me.And there’s one culture, that can be conserved but now it have been faded. The culture is help others and greet others, that’s easiest culture for us to do.
So lets do it together !!

For closing, You have to believe that it isn’t a coincidence, you being born in Indonesia, a land so rich in culture., cause that is our destiny to conserve  it and introduce it to the world.

Minggu, 07 Oktober 2012

Karena Ku Ingat Dirimu

Angin bernafaskan rindu
Membuat terjaga dari tidur lelapku
Bukan karna indahnya bintang itu
Bukan karna cantiknya bulan itu
Tapi..
karna ku teringat yang lebih dari semua itu..

Karna aku teringat akan dirimu..
Kauu..
Yang telah mengisi hariku..
Yang telah menghias hidupku..

Karna ku ingat dirimu...
Ku ingat cantik paras mu..
dan ..
Indah tatap matamu..
Saat awal kita bertemu

Sabtu, 06 Oktober 2012

Lantang itu harus Nyata...

Berteriakk..
Merontaa...
Memberontakk........

 Point pertama :
PERCUMA !

ya hanya satu kata.. percuma !
Percuma kalau semua itu hanya di lakukan di dalam hati, hanya dilakukan dengan nge-tweet tidak jelas di twitter.. atau pun marah-marah di Facebook atas sebuah situasi. Situasi yang tidak kondusif.

 Hidup di sebuah situasi yang tidak kondusif, tentunya sangat tidak diinginkan setiap orang, termasuk saya.


Situasi.. tetaplah sebuah situasi..
namun.. tidak selamanya..
Situasi...adalah sebuah ilusi...
JIKAA..
Kita berani mengubah situasi itu.

Beranii..
 ya.. beranii... untuk lantang...
namun...
tidak hanya lantang.... tapi juga perlu aksi nyata..


Percumaa..
jika anda lantang.. namun hanya nge tweet gg jelas di twitter...
Percuma... 
jika anda lantang.. namun hanya marah-marah gg jelas di fb..
 Percuma... 
jika malam hari anda menulis hal jelek tentang seseorang.. namun ketika pagi hari bertemu dia.. anda menjadi orang yang akrab bagi dia...

Percuma...
 tungguu.. saya ralat .. bukan hanya percuma tapi juga MENGANGGU !

 Point kedua :
Lantang  itu harus Nyata.. 
Nyata itu harus  lantang...

Samapaikan pendapat anda pada orang lain atau pada lingkungan anda.
Tapi ingat dalam lantang pun.. tetap ada etikanya....
Perhatikan lingkungan sekitar anda..
apa yang dibutuhkan oleh sekitar anda dan yang dibutuhkan bersama
HARUSLAH MENJADI PRIORITAS 
Jangan egois..

Point ketiga : 
Lantang, Nyata, dan Tidak Egois....

Sampaikan pendapat tanpa emosi...
Sampaikan pendapat tanpa memaksa..
Sampaikan pendapat dengan perbuatan..
Sampaikan pendapat dengan aksi...

Lantang itu Harus Nyata.

Jumat, 05 Oktober 2012

Mulanya Biasa Saja

Pagi itu, suasana kelasku tak seperti biasanya. Tersiar isu, bahwa kelasku akan mendapat seorang "warga baru, hal inilah yang menyebabkan kelasku "bersaing" dengan pasar yang letaknya tepat di sebelah sekolahku.
Tiba-tiba, Pak Joko, wali kelas kami, masuk dan seketika juga suasana kelas menjadi hening.. sehening malam ituu... ketika ku merindukan dirimu.. ehh.. maap..mapp... mari kembali ke alurr..

Beliau masuk bersama seorang siswi yang wajah nya... emmm... dengan kata apa aku harus menggambarkannya... jika hanya dengan kata cantik.. aku rasa dia lebih dari itu... ee.. yy sudahlah.. kita lanjut saja ke cerita.

Dengan hadirnya siswi itu.. terungkaplah semua kebenaran dari isu yang telah tersebar dan membuat gempar seisi kelas kurang lebih selama 15 menit... okee ini terlalu lebay

"Anak-anak.., kelas kita mendapat seorang teman baru... ", suara Pak Joko yang memecah keheningan kelas, Pak Joko pun mempersilakan siswi itu memperkenalkan diri pada seisi kelas.
" Haii... namaku Nita.. aku pindah dari Surabaya.. karena ngikut papahku yang ditugaskan di Semarang.. "
Ya..,  dia bernama Nita, seorang siswi pindahan dari Surabaya.
"Nita.. silahkan duduk  disebelah EL.. "
Jleebb... perkataan Pak Joko.. terasa seperti pukulan telak di dadaku..

Aku termasuk orang yang sangat sulit untuk berkenalan dengan orang yang kutemui... apalagi yang baru aku temui sekitar 3 menit yang lalu.
Hufftt.. ya sudahlahh.. aku coba beradaptasi ajalah...

Nita pun berjalan ke arahku.. dengan menebar senyum nya yang manis ke seluruh penjuru kelas dan rambut nya yang terurai layaknya model-model dalam videoklip band papan atas.

 "Haii.." sapa ku singkat...
"Haii juga..." Jawabnya dengan suara lembutnya dan senyum manisnya ..
Cantik, manis, dan suara yang menenangkan hati... tapi tidak ada "rasa" lain pada awal pertemuan kami ini dan beberapa hari selanjutnya... ya.. pada awal dan beberapa hari selanjutnya..

Satu bulan berlalu sejak hadir nya Nita di kelas kami, dan hari itu terjadi pemilihan wakil kelas dalam lomba estafet kelereng. jadi.. setiap kelas wajib mengirim 1 pasang wakilnya dalam lomba estafet kelereng ini...., dan entah dengan dasar apa..  aku dan Nita terpilih mewakili kelas.

Pada jam istirahat, aku bertanya pada Ahmad.. seorang sahabat karibku..
" Woii.. kok pada milih aku ma Nita napa sihh.." tanya ku dengan sedikit emosi...
"Sudahlahh broo.... kau sama Nita itu memang cocok.. ap ituu yang bahasa di tivi.tivi tu loo kemistrii nya.. tu lo.. KEMISTRINYAA..kalian udah dapeett..tuhh kemisttrriii.." jawabnya sambil jalan meninggalkanku bersama mangkok soto yang telah kosong dimeja kantin.
"Wooii.. malah pergii... heii broooo tunggguuuu...." jawabkuu sambil berlari mengejarnya.

Okee.. aku mewakili kelas dalam lomba estafet kelereng... hhmmm mungkin kurang elit yahh... tapi yy sudahlah aku terima tugas mulia ini.

Hari Lomba Estafet kelereng pun datang... yaa.. aku siap untuk hari ini, hari yang telah mengubah 360 derajat perasaan ku pada Nita.
Setelah melakukan pemanasan yang cukup dengan  lari keliling lapangan tenis meja  sebanyak 77 putaran aku siapp menghadapi lomba ini.

Karena setiap kelas mengirim satu pasang wakilnya.. maka total ada sekitar 10 pasang yang siap bertempur demi membela harkat dan martabat kelasnya hari ini.. okee ini alay jugakk 
Priittt.... suara peluit ditiuppp... yahh agag kaget jugakk sihh.. karena yang wasitnya ada disampingku persis... oke tapi sebagai pejuang aku harus siap menghadapi segala macam situasi dan gangguan. Nita mulai mengoper kelerengnya ke sendok yang ada dimulutku..

Ya.. estafet ini agag beda dengan biasanya.. dimana sendok yang digunakan untuk mengoper kelereng tidak dipegan melainkan digigit... Setelah mengoper kelereng Nita berlari kebelakangku, dan bersiap menerima kelereng dariku..  dan berhasil aku oper dengan baik..
1 meter..
2 meter..
3 meter..

Upss... pada operan di jarak sekitar 3,5 meter.. konsentrasiku buyar.. bukan karena riuhnya sorakan penonton, tapi karena Tuhan barusan membuka mataku sehingga aku dapat melihat bidadari yang ada dihadapnku dan bersiap menerima kelereng dari ku, dan lebih parah lagi.. selama ini bidadari itu duduk disebelahku. !!
 Tuhaan.. kenapa baru sekarang kau buka mataku ini...

Melihat parasnya yang tidak dapat digambarkan dengan kata... buyar sudah konsentrasi untuk menjaga kelereng tetap seimbang dann.... jatuhlah kelereng itu... kami pun harus mengulang dari jarak 1 meter lagi. Sementara itu, pasangan lain juga banyak yang mengulang dari awal karena kelerengnya jatuh. Pada awal operan.. konsentrasiku buyar (lagi).. kali ini karena matanya yang memancarkan lebih dari semua kata indah yang pernah akubaca, serta rambutnya yang panjang dan terurai bebas dan tertiup angin semakin menambah buyarnya konsentrasiku dan kelereng pun jatuh lagi...

Aku mersa bersalah, dan aku berusaha untuk tidak menatap wajahnya kali ini, karena kami sudah mengetahui teknik yang benar dalam pengoperan kelereng ini jadi kami dapat bergerak cepat.. tunggu bukan hanya cepat.. tapi sangat cepat... dan tak disangka kami mendapat Juara 2.
Ya tidak buruklah.. tapi cukup memuaskan apalagi dapat memandangi wajahnya.. hehehe

Sejak saat itu, ku ubah sikapku ke dia. Aku lebih memperhatikan dirinya lebih dari saat awal kami bertemu. Entah.. apa yang merasuk dalam tubuhku ini sehingga aku sangat perhatian pada Nita. Semenjak kemengan pada lomba itu, kami semakin akrab dan semakin dekat.. hingga tumbuhlah benih cintaa dia hati kami.. ...tunggu aku ralat... hingga tumbuhlah benih cinta di hati ku.
 Namun, aku tidak tahu.. apakah Tuhan tidak menciptakan diriku dengan keberanian seorang satria.. atau aku yang belum dapat menemukan keberanian itu... Aku pendam rasa itu dalam hati, yaa jauh didasar hatiku.. disana.. ditempat terdalam sehingga tak seorang pun dapat memindahkannya dari sana.

Kami selalu menghabiskan waktu bersama. kami pergi ke kantin berdua, ke Perpus berdua, dan hanya ke kamar mandi yang tidak berdua.. hehehehe.. Selama pelajaran di kelaspun tak jarang aku mencuri pandang ke Nita.
Benih cinta itu pun terus tumbuh.. menjadi tunas... menjadi pohon cinta kecil ... dan terus berkembang menjadi Pohon Cinta yang besar dan tersu mendesak keluar dari hatiku.. namun kembali aku tidak memilik keberanian untuk mengungkapkan semua itu.., hingga hari kelam itupun datang. Pohon Cinta dalam hati ini tiba-tiba menjadi layu...mendengar kabar, bahwa Nita akan kembali ke kota asalnya karena tugas Papahnya telah usai di Semarang.
Ya.. Nita akan kembali ke Surabaya.

Waktu-waktu terakhir bersama nya aku manfaat kan sebaik mungkin... aku selalu ingin dekatnya di saat-saat terakhir ini. Mungkin dia tidak tahu dan tidak akan pernah tahu bahwa hati yang telah menjadi pot tempat tumbuhnya Pohon Cinta itu telah hancur.... Dan Pohon Itu kini kian layu..

3 jam sebelum kami berpisah.., aku datang kerumahnya untuk membantu keluarganya bersiap-siap. Lalu aku menghantarnya ke bandara. 2 jam sebelum pemberangkatan... dan waktupun terus berjalan... tanpa satu kata pun yang terucap dari bibirku.. karena memang aku tidak memilik kekuatan untuk mengucapkannya.. kesedihan ini telah menyerap seluruh kekuatanku.
1 jam sebelum pemberangkatan.. waktu serasa mengalir begitu cepat dan tak bersahabat dengan ku. Dan waktu check in pun tiba..
Sebelum check in, keluarganya berterima kasih pada ku karena telah mau mengantar.. aku hanya membalas dengan senyuman. Dan ketika orang tua Nita telah berbalik dan  berjalan menjauhi ku, Nita berdiri dihapanku... kutatap matanya yang seperti kristal nan begitu indah... kutatap matanya dan kulihat ada linangan air mata disana.. dan ia pun meneteskan air mata itu..

"  Terima kasih EL...." kata terakhir darinya dengan suara lirih nan lembut...
ia pun berbalik dan menyusul orang tua nya. Seketika itu juga, terlintas semu bayangan kebersamaan kami.. mulai dari awal kami bertemu, saat perlombaan, dan saat-satt kebersamaan kita. Terasa begitu nyata dan terasa begitu menyakitkan....
Fisik ini memang tidak menangisi kepergiannya.. namun hati ini berteriak, meronta.., dan menangis menolak kepergian seorang yang telah mengisi hati yang hampa ini..

Yahh... mulanya biasa saja.. dan semuanya akan kembali biasa saja.. semenjak kepergiannya.

Selamat jalan Nita !




 Elfrize 4th Anniversary.

Sabtu, 15 September 2012

Turning Point

Aku tak tahu.. dan mungkin tidak akan pernah tau..
harus ke siapa lagi aku mengungkapkan semua ini...
seakan tak ada jalan keluar untuk menang dalam pertempuran ini..
Tapi aku tak akan dan aku tak boleh menyerah....

Semua kemenangan di perang-perang sebelum ini..
membuatku memutuskan untuk tidak menyerah begitu saja kepada musuh...
ya... musuh yang mungkin lebih besar, lebih kuat, dan tak sepadan untukku...
tapi aku yakin jendralku tau kemampuan ku..
dan dia pasti menempatkanku sesuai dengan keahlianku...

Tapi semua itu tak semudah biasanya..
dua pertempuran awal.. diriku begitu lemah dimata musuh..
begitu mudah untuk mundur..
begitu mudah kawan-kawan ku gugur...
begitu mudah nya daerahku dijajah musuh....

"Tamparan" keras dari sang  kapten telah mengenai diriku...
memang tidak secara fisik beliau menamparku..
namun itu tepat menghujam dihatiku...

malam ini aku termenung...
mengabaikan semua bunyi-bunyian ditengah sunyi malam...
masih ternginang ditelingaku... semua perkataan dari kaptenku...
mungkin tak ada harapan..
mungkin tak mungkin menang..
munkin tak akan selamat...
namun semua itu hanya MUNGKIN..

aku diciptakan dengan hati sekeras dinding tank dihadapanku..
tak semudah itu peluru menembusnya..
tak semudah itu peluru menghancurkannya...

aku percaya semua bukan karena aku tak mampu..
namun..
karena aku belum siap..
karena aku belum bisa beradaptasi...

Tapi.. itu dulu...
setelah "tamparan" itu..
aku percaya inilah tanda bagiku...

aku tak mau terlelap lagi..
aku tak mau hanya menunggu untuk menyerang..
aku tak mau terlelap tanpa persiapan dalam malam sebelum pertempuran...

ini bukan hanya untuk kenaikan pangkat ku...
ini bukan hanya untuk keselamatan jiwa ku..
semua ini untuk harga diri bangsaku... khususnya daerah asalku...

malam ini...
Turning point bagiku...
tak ada lagi kata menyerah..
tak ada lagi kekalahan...
masih ada sekitar 3/4 waktu bakti ku...
untuk mengembalikan semua kemenangan itu...

dan pada malam terakhir aku bertugas dalam wilayah ini..
aku akan meraih penghargaan tertinggi..
sebuah  bintang kehormatan..
bukan hanya untuk diriku..
untuk semua yang telah berjasa dalam diriku...

aku yakin akan emndapat semua itu..
karena malam ini...
Turning Pointku... !!!!

Sabtu, 01 September 2012

"Gunung" Itulah, "Tambang" Ilmu !

Setiap hari kita menjalani keseharian yang relatif sama, sebagai seorang pelajar saya sadar saya juga melakukan hal yang hampir sama setiap harinya. Namun sadarkah anda,  telah ada sesuatu yang membuat satu hari berbeda dengan hari lainnya? Itu adalah masalah.

Ya, setiap harinya pasti ada masalah yang berbeda. Dan anda tidak perlu khawatir akan hari esok, karena setiap hari memiliki kesulitannya sendiri-sendiri. Setiap pribadi, memilik pandangannya sendiri-sendiri mengenai maslaah yang dihadapinya. Saya menggolong kan pandangan tersebut dalam tiga tipe, yaitu :
1. Orang yang menganggap masalah tersebut terlalu besar, dan tidak sanggup menanggungnya
2. Orang yang menganggap masalah sebagai gunung yang terlalu tinggi untuk didaki
3. Orang yang menerima masalah dengan senang hati.

Tipe 1 :  Orang yang menganggap masalah tersebut terlalu besar, dan tidak sanggup menanggungnya

Tipe ini, secara umum digambarkan masyarakat sebagai ksatria yang kalah sebelum perang. Orang dengan tipe pertama, cenderung tidak percaya dengan kemampuan yang ia miliki, dan selalu  berfikir hal-hal yang negatif. Ia tidak berani menghadapi masalah tersebut dan cenderung menghindari masalah tersebut dengan alasan apapun. Tipe ini juga cenderung sering mengeluh jika hanya terjadi sedikit hal yang tidak sesuai kehendaknya.

Saran : Jika anda merasa termasuk dalam tipe ini, saran saya sebaiknya anda meningkatkan keberanian anda serta kepaercayaan diri anda. Percayalah  bahwa anda telah diciptakan oleh Tuhan, dengan kemampuan yang lebih dari cukup untuk emnghadapi semua tantangan serta masalah adalm hidup anda. Dan anda harus berani mencobanya. Seperti yang telah sering kita dengar,   " Cobalah hal itu, walau dengan tubuh gemetaran"

Tipe 2 : Orang yang menganggap masalah sebagai gunung yang terlalu tinggi untuk didaki.

Mereka merupakan orang-orang yang memiliki motivasi kuat dalam menghadapi masalah yang menghadang, namun sayang motivasi tersebut hanya bertahan diawal-awal saja. Ibarat pendaki, mereka bersemangat untuk mendaki sebuah gunung, namun ditengah perjalan mereka berhenti, karena merasa gunung tersebut terlalu tinggi untuk didaki dan memutuskan untuk turun kembali. Tipe orang seperti ini cenderung mudah bosan dengan cara-cara yang biasa, dan dengan rutinitas yang biasa. Selain itu mereka juga termasuk orang yang mudah pasrah dan mudah menyerah sebelum menyentuh garis finish.

Saran:: Jika anda masuk dalam tipe ini, saya sarankan anda untuk mengingat motivasi awal untuk menyelesaikan masalah, jika semangat tersebut telah padam. Selain itu, temukan cara-cara yang efektif serta anda sukai yang dapat  menyelesaikan masalah dengan cepat .

Tipe 3 :  Orang yang menerima masalah dengan senang hati. 

Mereka termasuk orang yang ceria, tidak mudah putus asa, dan tidak mudah mengeluh terhadpa masalah yang mereka hadapi. Sama dengan tipe kedua mereka menganggap maslaah merupakan sebuah gunung. Namun mereka tidak pernah puas hanya dalam mendakinya, karena mereka menganggap gunung tersbut sebagai tambang ilmu. Dalam kehidupan sehari-hari, torang dengan tipe ini termasuk orang bijak, karena mereka selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari masalah yang mereka hadapi dan yang telah mereka selesaikan. Orang dalam tipe ini, sangat cocok dijadikan tempat curhat, atau diajak untuk berdiskusi.

Saran : Jika anda termasuk dalam tipe ini, pertahankan dan sebisa mungkin tularkan hal ini kepada orang-orang yang ada di lingkungan anda. Dan kepada anda yang ingin menjadi tipe ini, anggaplah masalah sebagai sumber ilmu kehidupan, hal ini menginatkan saya pada perkataan admin blog Deduksional " Pelajaran mengenai hitung menghitung dapat ditemukan di buku matematika. Pelajaran mengenai alam dapat ditemukan di buku ilmu pengetahuan alam. Namun, pelajaran mengenai kehidupan tak akan pernah Anda temukan di buku mana saja.", dan menurut saya, pelajaran itu ada dalam setiap masalah yang kita hadapi sehari-hari.
 Dan satu lagi saran, luangkan suatu waktu untuk merefleksikan maslaah yang anda hadapi setiap harinya.

Setelah membaca beberapa keterangan diatas, anda dapat menggolongkan sendiri anda berada dalam tipe yang mana. dan semoga dengan membaca post ini, anda dapat menemukan sudut pandang lain dalam menghadapi masalah sehari-hari. 

Rabu, 22 Agustus 2012

Kebun Binatang Semarang

Kebun Binatang Semarang, atau yang akrab disapa bonbin ini, menjadi tujuan banyak orang untuk berwisata selama libur lebaran, tidak terkecuali saya. Di pintu masuk saya disambut oleh panjangnya antrian pengunjung, suasana juga tak jauh berbeda di tempat parkir mobil yang juga telah penuh oleh mobil para pengunjung.

Saya tidak sendiri saat berkunjung ke  Kebun Binatang yang memiliki luas sekitar 9 hektar ini, saya datang ke tempat wisata ini bersama kedua orang tua saya dan kakak tercinta. Melihat antrean pengunjung diloket tiket cukup panjang, dan mengingat kami belum sarapan, maka kami memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu di salah satu kios yang ada di luar area Kebun Binatang.
Diluar area wisata, terdapat banyak kios-kios yang menjajakan makanan, selain itu juga banyak kios yang menjual berbagai macam aksesoris serta mainan anak.

Untuk tiket masuk sendiri harganya terjangkau yaitu Rp7500  per orang.  Untuk para pengunjung tidak perlu bingung, karena begitu masuk kita akan langusng bertemu dengan papan petunjuk letak-letak kandang hewan.
Selain itu juga terdapat denah yang menunjukan letak berbagai kandang hewan yang menjadi koleksi dari kebun bintang ini.

Di setiap kandang hewan, dilengkapi dengan informasi mengenai hewan tersebut, seperti nama latin, spesies, dan juga asalnya. Sehingga dengan berkunjung ke kebun binatang inii, kita tidak hanya dapat melihat hewannya saja, namun juga dapat mempelajari sedikit informasi hewan-hewan tersebut.

Selain itu, untuk pengunjung yang ingin merasakan bagaimana berkendara dengan gajah, dapat menyalurkan rasa penasaran itu di sini, karena ada satu ekor gajah koleksi dari kebun binatang ini yang siap menggendong anda.

Untuk pengunjung yang merasa lelah dalam mengelilingi kebun binatang ini, ada dua kendaraan yang disediakan oleh pihak management, yaitu kereta mini dan dokar. Dengan dua kendaraan ini, anda dapat mengelilingi area wisata ini tanpa merasa lelah. Namun ada satu hal yang perlu mendapat perhatian dari pihak management, dimana sebaiknya  lajur untuk kedua kendaraan tersebut dipisahkan dengan lajur pengunjung, sehingga pengunjung tetap dapat berjalan dengan nyaman.

Dalam berwisata tentu kita ingin mengabadikannya dengan foto. Untuk para pengunjung yang tidak membawa kamera, jangan khawatir, karena disana telah siap beberapa fotografer dari pihak management  yang siap untuk memotreta anda dengan beberapa bintang seperti burung kakak tua, selain itu untuk anak-anak juga bisa berfoto dengan petugas yang berkostum tokoh-tokoh kartun.
Foto anda bisa langsung jadi, untuk tarifnya akan disesuaikan dengan ukuran. Untuk ukuran kecil harganya  Rp10.000 , untuk ukuran besar harganya Rp20.000. Anda juga tidak usah khawatir, karena dalam foto anda akan dicantumkan nama kebun bintang beserta dengan tanggal anda berkunjung ke tempat tersebut. Khusus untuk foto ukuran besar, anda dapat menambahkan nama  anda di dalam foto tersebut.


Selain menampilkan berbagai macam bintang,  didalam juga terdapat beberapa wahana permainan anak, seperti sepeda air. Selain itu juga terdapat beberapa stand dari berbagai produk. Dan untuk pengunjung yang ingin keluar dari area wisata namun hanya untuk sementara, dapat meminta izin pada petugas yang berjaga di pintu keluar.
 Dengan mendapat izin, anda akan diperbolehkan masuk kembali ke area wisata, tanpa harus membeli tiket lagi, tapi ingat.. jika HANYA UNTUK SEMENTARA KELUAR.

 Sekian sediikit cerita tentang Kebun Binatang Semarang, untuk pengalaman yang lebih seru silakan langsung berkunjung ke Kebun Binatang ini yang terletak di  Jl. Walisongo KM 16, tepat berseberang Terminal Mangkang.

Selasa, 21 Agustus 2012

TAPI

Tekadku.. 
Memang tak sebesar gunung... 
 Tapi..
Biarlah hatiku mengungkapkannya...
Tapi..
Jika kau mengahalangi hatiku..
Biarlah mulutku berteriak..

 Tapi..
 Jika kau membungkam mulutku...
Biarlah tanganku menuliskannya...
Tapi...
 Jika kau tetap menghalangi aku...
Biarlah KERINGAT dan AIR MATA ku yang MENYAMPAIKANNYA.....

Kamis, 16 Agustus 2012

Lomba Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Domsav : Hari Ketiga

Tanggal 16 Agustus 2012, hari ketiga perlombaan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan indonesia di SMP Domenico Savio. Pada hari ketiga sekaligus hari terakhir ini, diadakan 2 lomba, yaitu Pemilihan Putra- Putri Domsav dan juga lomba final Yel-yel.

Pemilihan Putra-Putri Domsav (PPD), merupakan sebuah tradisi di sekolah tercinta saya, yang diadakan setiap tahunnya. Untuk yang bingung seperti apa Pemilihan PPD, kegiatan ini hampir mirip dengan  pemilihan abang none yang mungkin sudah lebih kita kenal.

Setiap kelas mengirimkan dua wakil nya, yang tentunya berpasangan. Setiap tahunnya tema PPD berbeda, pada tahun ini temanya 100% Indonesia 100% Domsavian, dengan sub tema Gegayuhan (cita-cita). Wakil dari setiap kelas mengenakan busana semenarik mungkin, yang disesuaikan dengan cita-cita dari masing-masing peserta.

Tentunya yang dinilai bukan hanya busana, melainkan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan para juri juga dinilai. Para juri sendiri, merupakan gabungan dari pihak internal sekolah yang diwakili Br. Warto dan juga pihak luar yang telah dipilih oleh panitia.

Pada tahun ini, sebuah sejarah terpecahkan.  Dimana seorang Putra Domsav terpilih berasal dari kelas 7 reguler, bernama Hendra.
Hendra memiliki suara emas, ia juga menjadi salah satu pengisi acara dalam pemilihan PPD ini, dengan menyumbangkan 1 buah lagu. Selain itu ia juga memiliki kemampuan public speaking yang bisa dikatakan baik.

Sementara itu, Putri Domsav terpilih, berasal dari siswa kelas sembilan yaitu, Michelle Setyadi, atau yang akrab dipanggil  Michelle .
Michelle mempunyai karisma dalam menjawab setiap pertanyaan para juri, hal ini menjadikan nilai plus tersendiri baginya. Selain itu, ia dinobatkan juga sebagai Putri dengan busana terbaik.
 Dari kelas saya sendiri, mendapatkan satu prestasi, yaitu menjadi Juara Favorit Putri.  

Untuk final lomba yel-yel, diadakan di halaman depan SMP PL Domenico Savio, dan menjadi  selingan acara PPD. Kelas saya sendiri, mendapatkan kesempatan untuk tampil pertama kali. Dalam kesempatan kali ini, ada beberapa format yel yang kami ubah, tentunya supaya tidak menimbulkan efek bosan. Untuk pemenangnya, akan diumumkan pada Upacara peringatan kemerdekaan Indonesia, besok pagi.

Terima kasih untuk teman-teman semua yang sudah terlibat dalam perlombaan ini. Terima kasih untuk 2 wakil kelas kami, Sheryl dan Yose, yang telah berjuang di ajang PPD. Terima kasih para panitia dan teman-teman pengurus OSIS yang telah berjuang mempersiapkan acara-acara ini. Dan tak lupa, Terima kasih untuk para Domsavian yang telah turut serta memeriahkan acara peringatan kemerdekaan Indonesia ini.


foto dari @katy_chand 

Dalam pertandingan, tidaklah penting apa hadiah yang kita dapatkan... tetapi yang penting ialah... pelajaran apa yang kita dapatkan..... 

Rabu, 15 Agustus 2012

Lomba Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Domsav : Hari Kedua

Kemarin, hari pertama telah berlalu, dan kin hari keduapun kami jalani. Pada hari ini, kelas 9 SMP PL Domenico Savio, mengikuti beberapa lomba diantaranya < tarik tambang, estafet air, dan joged balon.

Tarik tambang, mungkin sudah menjadi tradis di Indonesia untuk menjadikan lomba ini sebagai salah satu lomba wajib didalam peringatan kemerdekaan RI. Di sekolah saya sendiri, lomba tarik tambang selalu diadakan setiap tahunnya.
 Di tahun-tahun sebelumnya kelas saya selalu kalah di babak penyisihan, namun pada tahun ini yang menjadi tahun terakhir bagi kami di Domsav, prestasi yang kami dapatkan cukup baik, yaitu sebagai semifinalis... hehehehe.. lumayanlah.

Pada pertandingan pertama kami dipertemukan dengan kelas J, dalam pertandingan ini kami menang. namun di pertandingan kedua, kami bertemu dengan kelas yang lebih kuat dari kami, dan kamipun harus mengakui keunggulan kekuatan serta strategi mereka. Dalam pertandingan perebutan juara 3, kami dapat memenangi set pertama, namun kelas H yang menjadi lawan kami dapat menang dramatis dengan mengalahkan kami di set kedua dan set ketiga.

Estafet air, merupakan lomba yang juga cukup populer di kalangan Domsavian. Masing-masing kelas mengirimkan 10 wakilnya (5 Siswa 5 Siswi ). Sayang pada perlombaan ini kelas saya tersisih di babak penyisihan.

Joged Balon....... lomba yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh Domsavian. Setiap kelas mengirimkan 2 orang, 1 cowok dan 1 cewek, untuk berjoged sambil menjaga keseimbangan balon di kepala. Tentunya lomba ini sangat heboh, karena semua penonton sangat terhibur melihat goyangan para peserta. Pada babak penyisihan kelas saya berhasil lolos dan dapat masuk ke babak final.

Di babak final, kelas saya harus mengakui kepandaian pasangan lain dalam menjaga keseimbangan balon di kepala, dan kelas saya berhasil mendapatkan juara 3.

Terima kasih untuk semua teman-teman yang telah berjuang dalam lomba tarik tambang.  Terima kasih untuk teman-teman yang telah mengikuti estafet air. Terima kasih untuk Fariha dan Sham yang telah mewakili kelas dan berhasil merebut juara ketiga. Serta terima kasih pada teman-teman yang lain, walau tidak secara langsung mewakili kelas dalam perlombaan, namun dukungan kalianlah yang membuat semangat kami membara.

foto dari @katy_Chand

Kemenangan Terbesar... Bukanlah Ketika Kita Mampu Mengalahkan Lawan.. Melainkan Ketika Kita Mampu Untuk Tidak Merendahkan Lawan.......

Lomba Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Domsav : Hari Pertama

Okee...saya rasa sudah saatnya saya mengakhiri masa pacekelik postingan ini. Untuk mengakhirinya saya akan berbagi kepada anda semua tentang pengalaman saya dan juga kelas saya dalam mengikuti lomba peringatan hari Kemerdekaan Ri di sekolah saya yang tercinta, SMP PL Domenico Savio.

Sebelum masuk ke pengalaman, ada sebuah fakta yang perlu anda ketahui,  bahwa  pada hari  diadakannya lomba peringatan kemerdekaan RI, sekolah saya tetap menjalankan  Kegiatan Belajar mengajara seperti biasa. Lomba-lomba baru dimulai pada pukul 14.00.
 Pada hari pertama, kelas 9 , mengikuti beberapa lomba seperti, estafet kelereng, fotografi, desain kaos, dan juga lomba yel-yel.

Setiap kelas mengirim beberapa wakilnya dalam setiap perlombaan (kecuali lomba yel-yel yang pesertanya memang wajib diikuti seluruh siswa kelas tersebut. ), seperti kelas saya, yang mengirimkan 10 murid ( 5 siswa dan 5 siswi ) untuk emngikuti estafet kelereng, mengirim Yonas untuk desain kaos, dan juga Katrin untuk fotografi.

Kami pulang pukul 12.00, dan selama waktu jeda antara pulang dan mulainya perlombaan,  waktu kami manfaatkan untuk latihan yel-yel. Dalam lomba yel-yel, setiap kelas harus menyampaikan yel-yel yang bertemakan 100 % Indonesia 100 % Domsavian.
Semua domsavian khususnya kelas 9 sangat antusias dalam mengikuti lomba ini, hal ini dibuktikan dengan totalnya penampilan mereka diatas panggung. Kelas saya mendapat urutan maju ke 6, dan menurut salah satu juri, yel-yel kelas saya merupakan yang terpanjang diantara seluruh peserta.
 Apakah itu kabar baik??? ohh tidak.. belakangan diketahui bahwa kelas saya telah melebihi durasi yang diberikan, sehingga poin nilai dikurangi.

Pada hari itu juga, diumumkan 3 besar lomba yel-yel yang akan tampil pada final tanggal 16 Agustus 2012. Dan kelas saya termasuk dalam tiga besar tersebut, dengan total raihan poin 1005.

Terima kasih kepada Desta dan Law, yang telah bersama saya menjadi 3 pemimpin gerakan di depan. Terima Kasih kepada Fin-fin yang telah menjadi editor lagu yel-yel yang saya buat. Terima kasih untuk walikelas kami Bapak Leo, yang telah mendukung dan memberikan ide-ide. Serta semua teman-teman kelas 9G yang sudah mau latihan, bernyanyi dengan keras, berjoget dengan asoy, dan juga telah kompak, sehingga kita dapat masuk dalam 3 besar.


Foto
foto dari @katy_Chand
  
 We Are The One.. We Are Domsavian !! 

Tresnaku Telat...


Dina kui cuacane mendung, ora beda adoh karo mendunge atiku. Aku mlaku alon ning pelataran sekolahku. Ya, sekolah sing uwis 2 tahun ngajari aku macem-macem babagan, lan iki tahun terakhirku ono ning kini. Atiku sakjane rada gelo, bakal ninggalake sekolah sing uwis ngajarke aku macem-macem babgan. 
Ning sekolah iki ora mung sinau babagan pelajaran wae kaya matematika, basa inggris, lan liya-liyane, nanging sekolah iki uga  ngajarake budi pekerti, kajujuran, lan rasa peduli marang kanca.

“Wehh.. Jon.. kok nglamun, mengko kesambet loo..” pangutarane Prapto sing nyadarke aku saka lamunan iki, “Hehh.. macem-macem wae kowe ki..” wangsulanku marang awake.
  Aku banjur mlaku bareng karo Prapto nuju kelasku sing ono ing gedung paling mburi dhewe. Prapto kui kanca kentel ku, awit aku mlebu ing sekolah iki, sanajan saiki aku lan Prapto uwis ora sakelas maneh, nanging pasedulurane dhewe tetep rumaket.

“Jon.. sawise preinan kowe kok tambah kuru ki piye? Mikir’ke sopo hayoo...?? “ takone Prapto marang aku. Dina kui memang dina pertama mlebu sekolah sawise prei akhir semester, “ Wahh.. mosok toh... aku ki ora tambah kuru.. nanging kowe wae sing tambah lemu.. hahahaha...” wangsulku karo ngakak, Prapto uga melu ngakak.
 Kuwi sing tak senengi saka Prapto, wong’e seneng guyonan lan ora gampang loro ati.
“Wess ayoo... ndang ning lapangan.. upacarane uwis arep diwiwiti..” omonge Prapto, banjur ngajak aku mlaku marang lapangan.

Kaya tradisi biasane, saben taun ajaran anyar mesti diadake Upacara Bendera, upacara mau uga dadi upacara pembukaan MOS. Nyawang adek kelas sing isih unyu-unyu, ngelingake aku marang pengalamanku ning kelas pitu, haaahh... rasane pingin mbalik ning kelas pitu maneh. Sawise upacara, kabeh siswa  mlebu kelas masing-masing, lan mulai pelajaran kaya biasane. Dina kui pelajarane rada santai, isine isih mung kenalan karo para guru-guru.

Telung dina, uwis tak lewati tanpa kerasa,  mumpung nganggur, aku maca-maca maneh buku panduan MOS ku. Aku dadi eling mbiyen wektu aku kenalan karo konco-konco ku, dadi eling wektu melu inagurasi, lan siji sing ora isa dilalekake, aku dadi eling piye perjuanganku nyuwun tapak astane para guru. Kenangan mau nggawe aku nggregel, unine hapeku mbuyarake kabeh bayangan mau. Jebule ana SMS saka Anas, dheweke njaluk tulung aku kanggo nggaweke cerita drama sing bakal dipentasake ing inagurasi MOS kelas 7. Anas kuwi koncoku sing dadi pengurus OSIS, lan saiki entuk tugas kanggo ndampingi adikadik kelas 7.  Aku banjur mikir lan ngomong ing njero atiku, yen sesuk aku uwis ora sekolah ning kono maneh, paling ora aku uwis isa nyalurake semangat lan macem-macem ilmu sing uwis aku trima saka sekolah iki marang para adik kelasku. Langsung aku nggawe cerita drama’ne, kesempatan iki ora bakal aku sia-sia maneh. Mbengi kuwi, ceritane uwis dadi, judule “Maling Sandal”, mbanjur teks dramane langsung aku kirim marang si Anas. Saben bali sekolah, aku ngancani adik-adik kelasku mau latihan drama, sanajan aku ora ngajari langsung, amarga uwis dilatih karo si Anas, lan aku percaya yen Anas mudeng ceritane lan bisa nampilake kaya sing tak maksud.

Ora kerasa (maneh), uwis limang dina MOS ing sekolahku diadake, lan dina iki acarane inagurasi lan upacara penutupan. Amarga aku balik luwih gasik saka adik-adik kelas 7, dadi aku isa nonton acara inagurasine. Wektu kelas sing didampingi Anas maju, lan mentasake cerita “Maling Sandal” aku nonton ing paling mburi  Anas pinter tenan anggone ngajrai drama. Jujur, aku bangga nonton penampilane adik-adik mau, persis karo sing tak bayangke. Para penonton uga ngrasa kehibur. Sanajan para adik-adik mau mungkin ora ngerti sapa aku, tapi aku bangga lan ngrasa puas.
Aku mbanjur ngucapke matur nuwun marang si Anas, amarga uwis diwenehi kesempatan iku.

Sawise nonton inagurasi, aku mlaku alon, rasa ning atiku campur aduk, ana seneng, bangga, sedhih... pokoke campur aduk lah. Kenangan-kenangan mulai saka kelas pitu, masa jeda kelas 8, lan pengalaman sing macem-macem muncul maneh ing pikiranku..

 Udan nangiake aku saka lamunan, aku banjur nggolek panggonan ngiyup.
“ Wooiii.. Jonn... kenneee....” suarane Prapto ngundang-ngundang aku supaya ngiyup bareng awake.
“Wehh kowe durung balik to...??” takon ku
“Durung lhoo yy....arep ngiyup ndhisik..” wangsulane Prapto. “ Lahh kowe dhewe kok durung balik?? “
“ Aku mau nonton inagurasi...” jawabku banjur lungguh ning seblahe
 “ oooo...”  jawabe cekak wae.
“ To.. ketoke aku telat ki...” omongku marang Prapto, “ Telat opo? Telat les ?? “ jawabe karo mangan tahu susur sing tinggal separo.
“Aku telat To...... Aku telat anggone nresnani sekolahan iki.....”


Selasa, 31 Juli 2012

Zat Aditif pada Makanan

Teman-teman pasti suka jajan kan ?? Sebaiknya kita berhati-hatidalam memilih makanan yang akan kita beli. 
Saat ini, banyak makanan yang ada dipasaran mengadung zat aditif.  Mungkin teman-teman belum mengetahui apa itu zat aditif makanan. Zat Aditif makanan adalah zat kimia yang sengaja ditambahkan pada tanaman untuk meningkatkan kualitas makanan.

Kualitas Makanan
Lalu apa sih yang menjadi indikator kualitas makanan ?? Yang menjadi indikator kualitas makanan adalah nilai-nilai sensori pada makanan tersebut, seperti rasa, warna, dan juga keawetan makanan. Dengan banyak kebutuhan untuk meningkatkan kualitas makanan, maka muncul pula banyak bahan-bahan aditif makanan, seperti  pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap rasa. Yukk kita bahas satu-satu...

Pewarna
Ketika dihadapkan dengan dua makanan, yang satu memiliki warna mencolok dan yang lain warnanya pudar, saya berani menjamin teman-teman akan memilih makanan dengan warna mencolok. Pewarna sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang alami dan buatan. Pewarna alami biasanya berasal dari tumbuhan, contohnya  daun suji untuk warna hijau, kunyit untuk warna kuning, dan masih banyak lagi. Sementara contoh pemanis buatan antara lain, violet gb untuk warna ungu, sunset yellow untuk warna kuning dan yang lain-lain.
Namun ada beberapa produsen yang hanya memikirkan keuntungan, maka mereka menggunakan pewarna tekstil. Ciri-ciri makanan yang menggunakan pewarna tekstil sendiri ialah warna nya terlalu mencolok, akibat dari pewarna tekstil pun tidak main-main lhooo.. KANKER !!!!

Pemanis
Sama seperti pewarna, pemanis juga ada dua jenis, contoh pemanis alami seperti gula, madu, gula aren, dan lain-lain. Untuk pemanis buatan ada beberapa jenis menurut tingkat kemanisannya,Yng tertinggi ialah aspartam yang memiliki kemanisan 160 x gula, dan yang terendah ialah siklamat yang memiliki kemanisan 50 x gula. Pemanis buatan jika dikonsumsi dalam dosis berlebih juga sangat berbahaya, salah satu indikator bahwa makanan telah mengandung pemanis berlebih adalah rasa perih di kerongkongan kita ketika menelan makanan atau minuman tersebut. Jadi teman-teman harus berhati-hati ya... jangan hanya memilih makanan dari rasa manisnya saja, tapi juga diperhatikan kandungan pemanisnya. Kalau cari yang manis-manis cukup melihat wajah saya saja.. hehehehehe.

Pengawet
Dari namanya tentunya kita sudah tahu bahwa bahan ini berguna untuk pengawetan makanan. Ada berbagai macam teknik pengawetan seperti, pengasaman menggunakan cuka, dehidrasi, membuat manisan dan asinan, dan masih banyak lainnya. Teknik pengawetan yang terbaru sangat menguntungkan karena tidak mengurangi nilai gizi serta mematikan bakteri patogen, teknik ini bernama pasteurisasi.

Penyedap
untuk penyedap makanan yang alami umumnya berasal dari rempah-rempah seperti, kayu manis, cegnkeh, bawang putih, dan lain-lain. Sementara untuk penyedap buatan pastinya sudah sering kita jumpai dalam keseharian, salah satunya adalah Mononatrium Glutamat, atau yang kita kenal dengan sebutan MSG. Penyedap ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut Chinese Restaurant Syndrom 

Itulah sedikit informasi untuk kita semua. Dengan mengetahui adanya zat aditif makanan, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang di jual di pasaran, tapi hendaknya kita lebih bijak untuk memilih makanan yang akan kiita beli.

Minggu, 29 Juli 2012

Partikel Tuhan

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan ditemukannya Partikel Tuhan. Sebetulnya, Partikel Tuhan merupakan sebutan lain dari Higgs Boson . Teori mengenai Higgs Boson sendiri telah tercetus pada tahun 1964. Pencetusnya adalah seorang fisikawan yang juga merupakan sahabat pena Albert Einstein, dia bernama Peter Higgs.

Apa itu Higgs Boson ?
Higgs Boson  dapat dikatakan sebagai sebuah partikel yang hilang dalam Model Standar Fisika Partikel.
Model Standar Fisika Partikel sendiri
adalah sebuah teori yang menggambarkan gaya fundamental elektromagnetisme, lemah, dan kuat, dan juga partikel dasar yang membentuk seluruh benda.
Higgs Boson merupakan partikel yang berperan dalam pembentukan massa, dan sebuah partikel penentu terbentuknya atom dan alam semesta. Perlu 48 tahun, setelah tercetusnya teori tersebut, barulah dapat terbuktikan adanya partikel tuhan tersebut. Tepatnya pada Rabu, 3 juli 2012, badan kaji atom eropa (CERN) menyatakan telah menemukan partikel tuhan. Penemuan dari CERN tersebut, merupakan pembuktian dari teori Peter Higgs yang merumuskan partikel sub atomik baru yang mengandung massa.

Mengapa disebut “Partikel Tuhan” ?
Sebutan “Partikel Tuhan”, sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan Tuhan. Sebutan ini muncul dari seorang fisikawan bernama Leon Lederman. Dalam bukunya “God Particle: If Universe is the Answer, what is the question?”, ia menyebut partikel Higgs Boson dengan sebutan partikel terkutuk, namun editor bukunya menolak penggunaan kata itu lalu menggantinya dengan kata “God”. 
Sebagai pencetus teori ini, Peter Higgs sendiri merupakan seorang atheis, sehingga penamaan partikel tersebut benar-benar tidak berbau keagamaan.

Fisikawan Indonesia Terlibat
Dalam ‘pemburuan’ partikel tuhan, ada fisikawan yang berasal dari Indonesia terlibat didalam tim pemburu tersebut. Ia bernama 
Suharyo Sumowidagdo, atau yang akrab disapa, Haryo.   Peneliti Muda ini bergabung dengan CERN sejak Januari 2009, mulai saat itu ia berperan sebagai operator komponen detektor dan juga berperan dalam pengambilan data dari percobaan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun ini.
Selain Bapak Haryo, ada juga seorang fisikawan lain dari Indonesia yang turut ambil bagian dalam penemuan partikel tuhan ini. Ia adalah Bapak Rahmat, beliau bekerja di laboratorium Fermilab di Amerika Serikat.

Kegunaan

Bapak Haryo menerangkan bahwa para ilmuwan pun belum mengetahui kegunaan paraktis dari partikel ini. Menurut seorang peneliti lain dari CERN, Albert De Roeck, penemuan ini dapat disamakan dengan penemuan listrik. Maksudnya manusia tidak dapat membayangkan masa depan setelah ditemukannya partikel ini, hal ini sama seperti keadaan manusia ketika masa-masa awal penemuan listrik.
Namun diantara para ilmuwan, telah ada yang membayangkan bahwa akan ada pihak yang dapat membuat sebuah perjalanan berkecepatan cahaya atau meluncurkan sebuah benda besar ke ruang angkasa dengan menggunakan partikel tuhan itu. 

*diolah dari beberapa sumber


Alfonsus Ega
9G/03

Jumat, 13 Juli 2012

Kekhawaitran Ku (semoga menjadi) Kekhawatiran Kita

BLOOMS, sebuah komunitas kecil yang lahir ditengah-tengah para Domsavian. Seiring lahirnya komunitas ini, mulai banyak Domsavian yang aktif di dunia blogging. Rasa senang dan khawatir, muncul di hati saya seiring perkembangan komunitas ini.
 
Senang
Saya senang, karena mulai banyak Domsavian yang sadar bahwa internet tidak hanya untuk jejaring sosial ataupun untuk bermain game online. Banyak Domsavian mulai memaanfaatkan blog untuk menduniakan pendapat mereka.
Seperti yang telah saya ungkap diatas, bahwa rasa senang saya ini juga diiringi dengan rasa khawatir, beberapa kekhawatiran saya sudah mulai terealisasi

Kekhawatiran 
Saya tidak tahu-menahu, apa yang menjadi motivasi teman-teman para bloomers untuk aktif di dunia blogging, dan hal inilah yang menjadi kekhawatiran terbesar bagi saya.
Saya khawatir, bila ada diantara kita, hanya bermotivasikan "ikut-ikut".
Bukan berarti kita harus mengeluarkan orang ini dari komunitas,
seperti yang dikatakan kak Thia () , seorang anggota dari dotsemarang  bahwa dalam komunitas tidak ada istilah "dikeluarkan", biarlah alam yang menyeleksi orang ini.

Kekhawitaran lain saya ialah masalah  posting.
Sebagai blogger, saya pribadi menekankan beberapa pedoman untuk posting blog saya, antara lain :
1. Originalitas
2. Konsistensi
2. Fleksibelitas
3. Blogger tidak boleh SARU dan SARA.

Originalitas, sebuah hal yang umumnya sulit untuk kita para blogger newbie. Tapi kita harus mulai membiasakan untuk membuat postingan yang original, karena jika hanya vopas saja, maka rank dari blog kita akan susah naiknya.  Copas tetap boleh, asalkan mencantumkan sumber. Hargai karya orang lain kawan....

Konsistensi, menurut saya hal inilah yang paling suit untuk dijaga. Tapi ada car ampuh untuk tetap menjaga konsistensi, caranya.. ingat kembali motivasi awal anda masuk dalam dunia blogging.

Fleksibelitas, hal ini berkaitan dengan gaya bahasa kita. Setiap blogger memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda, namun sebaiknya gaya bahasa ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak muda hingga orang dewasa. Dengan begitu, diharapkan pengunjung blog kita bisa bermacam macam kalangan.

Blogger tidak boleh SARU dan SARA, ya.. Indonesia yang merupakan negara plural membutuhkan blogger dengan tipikal seperti ini. Sehingga dengan post nya dapat menambahkan kesatuan bahkan dapat mengenalkan Indonesia ke dunia luar.

Sekian dulu teman-teman, semoga kekhawatiranku menjadi kekhawatiran kita bersama yang dapat membawa BLOOMS lebih mengangkasa lagi.