Kamis, 16 April 2020

Dalgona Coffe : Ini Resep, Cara Membuat, dan Tips n Triknya

Dalgona Coffe
Dalgona Coffe merupakan kopi yang lagi viral di tengah pandemi Corona. Resep dan cara membuat dalgona coffe, sering muncul di halaman media sosial kita. Saat harus physical distancing dan #dirumahaja, membuat dalgona coffe menjadi salah satu alternatif mengisi waktu. Dalgona coffe merupakan kopi yang tersusun atas susu cair dan foam kopi diatasnya. Kopi ini awalnya nge-trend di korea, kemudian merambat hingga ke Indonesia. Dalgona sendiri berasal dari bahasa korea yang menggambarkan suatu makanan dari karamel dan powder, yang akan mengembang ketika dipanaskan. Cara pembuatannya yang relatif simple dan bahannya yang sederhana, membuat banyak orang, khususnya generasi milenial mencoba membuatnya, namun tak jarang pula yang gagal membuatnya. Kali ini Gagasankecil akan menghadirkan Resep dan cara membuat dalgona coffe, serta tips dan triknya

Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffe

A. Resep Dalgona Coffe

Nah, untuk resepnya sendiri jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera dan porsi yang akan dibuat ya,  resep dibawah ini, adalah untuk satu porsi,  yang pasti akan ada 5 bahan utama membuat dalgona coffe
  1. Kopi Instan Bubuk
    Semakin banyak jumlah kopinya, foam yang dihasilkan juga akan semakin banyak, kalo admin sih pake 1 aja udah cukup kok.
  2. Susu cair
    Kalo susu sih admin pakainya cukup 200Ml aja, sudah terasa pas.
  3. Gula
    Karena admin udah manis, gula yang dibutuhkan cukup 1 sendok makan aja deh.
  4. Air Panas
    Cukup sediakan 1 sendok makan air panas ya.
  5. Es Batu
    Lebih nikmat kalau dinginkan, sediain deh es batu jumlahnya dihitung sendiri aja.

B. Cara membuat Dalgona Coffe

Pada dasarnya, hanya perlu kesabaran aja. Langkah-langkahnya mudah kok, beneran deh :
  1. Tuangkan kopi, gula, dan juga air panas kedalam mangkok. Sebenernya ngga harus mangkok sih, yang penting nanti saat langkah pengocokan, ngga pada tumpah-tumpah aja.
  2. Aduk dan Kocok adonan sampai merata ya. Sampai kapan? sampai adonan tadi kental seperti cream. Cara ekstream untuk mengecek nya adalah dengan membalikan mangkok, kalau engga tumpah berarti udah jadi.
  3. Siapkan gelas yang diisi es batu, tuangkan susu cair secukupnya kedalam gelas, Kalo admin pake sekitar 200ml susu cair.  Kalau males ngukur, kira-kira aja, ngga harus 200 ml kok, sekitar 3/4 gelas deh.
  4. Sekarang tuangkan foam kopi hasil kocokan tadi ke atas cairan susu.
  5. Nikmati selagi senja, hehe.
Gampang banget kan cara buatnya, cuman 5 langkah doang. Seperti yang admin bilang diatas, kuncinya adalah kesabaran.

Tips dan Trik Dalgona Coffe

Dalgona Coffe Dengan Mixer atau tanpa Mixer

Yang jelas, tidak ada syarat khusus pembuatan dalgona coffe menggunakan alat apa.  Jika kalian memiliki mixer, maka gunakan saja mixer tentunya akan lebih cepat dan hemat tenaga, kalau pengalaman admin, sekitar 3-5 menitan sih beres. Tapi, kalaupun kalian tidak punya mixer, pakai whisk aja juga bisa kok. Yang jelas, penggunaan alat pengocokan secara manual akan memakan waktu lebih lama. Kalo admin riset sih, harus sekitar 400 kocokan, lumayan lah ya sekalian latihan bisep-trisep.  Intinya dalam proses pengocokan tadi adalah supaya kopinya mengembang menjadi foam.

Dalgona Coffe tidak mengembang, harus pakai kopi apa?

Udah dikocok lama, tapi engga bisa jadi foam juga? Saat pertama kali coba buat admin juga sempet jengkel sih, udah ditunggu mixer 3-5 menit, ehh tetap engga ngembang. Ternyata setelah admin riset, kesalahannya pada jenis kopi yang digunakan. Kopi bubuk yang bisa digunakan adalah kopi bubuk murni tanpa campuran, jangan pakai yang kopi 3 in 1. Oh iya.. jangan pakai kopi bubuk tubruk juga ya karena akan memunculkan ampas-ampas kopinya. Sebenernya untuk merk kopi instan yang digunakan sih bebas, kalau pengalaman admin sih pakainya Nescafe Clasic.

Nah, dari resep, cara membuat, hingga tips dan trik udah admin bagikan ya. Sekarang kalian harus coba, dan ceritakan juga pengalaman kalian membuat Dalgona Coffe di kolom komentar ya. Jangan lupa, share artikel ini keteman-teman kalian supaya juga bisa menikmati senja bersama dalgona coffe.

0 komentar:

Posting Komentar